Deklarasi FKUB jadi Awal Kedamaian di Sulawesi Tengah

INIPALU.COM – Deklarasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah diharapkan jadi awal mula perdamaian di Sulawesi Tengah. Deklarasi itu dilakukan FKUB Sulteng dan FKUB kabupaten dan kota se Sulteng, di lokasi wisata Gong Perdamaian Palu, Sabtu (23/11/2019) sore.

Deklarasi itu dihadiri oleh Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke, Kepala Badan Kesbangpol Sulteng Baharudin, dan Kepala Pusat KUB Kemenag RI Nifasri. Kepala FKUB Sulawesi Tengah, Zainal Abidin mengatakan, deklarasi itu diharapkan sebagai awal mula terciptanya perdamaian di Sulawesi Tengah.

“Bagimana kita menciptakan perdamaian itu dari Sulawesi Tengah untuk perdamaian Indonesia, dan untuk perdamaian dunia, itu harapan kita,” kata Zainal.

Lanjutnya, deklarasi itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Kerja FKUB yang dihadiri seluruh FKUB Kabupaten kota se-Sulteng. Hal itu dimaksudkan agar menjadi hal yang positif, menjadi motivasi dan dorongan pada seluruh umat beragama yang tergabung dalam FKUB. Sehingga kata Zainal, hal itu bisa menjalar sampai di akar rumpun masyarakat.”Sehingga benar-benar kita berharap kedamaian akan tercipta di Sulawesi Tengah,” terangnya.

Sebelum membacakan deklarasi damai itu, Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, menyampaikan pesan-pedan perdamaian kepada para peserta deklarasi. Setelah pembacaan deklarasi, masing-masing perwakilan FKUB kabupaten dan kota menandatangani deklarasi tersebut.(*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY