RGE Group dan Tanoto Foundation Resmikan Dua Sekolah Dampak Bencana Palu

SIGI – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mencatat 2.736 sekolah yang rusak, 20 ribu guru dan 100 ribu murid terdampak akibat gempa dan tsunami yang menimpa Sulawesi Tengah pada akhir September 2018 lalu. Akibatnya anak-anak harus belajar di tenda-tenda darurat dengan fasilitas seadanya.

Royal Golden Eagle (RGE) Group, kelompok perusahaan global yang bergerak di bidang manufaktur berbasis sumber daya alam dan Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang fokus di bidang pendidikan, turut mendukung upaya membangun kembali Sulawesi Tengah di bidang pendidikan. Salah satu bentuk dukungan adalah merekonstruksi SDN 05 Dolo, Kabupaten Sigi dan SDN 013 Sirenja, Kabupaten Donggala dengan total nilai konstruksi Rp 3.183.936.000, serta bantuan furnitur kelas dan perpustakaan untuk dua sekolah tersebut senilai 275 juta.

Basrie Kamba, Direktur Asia Pacific Rayon, salah satu perusahaan RGE Group mengatakan, Rekonstruksi kedua sekolah ini atas arahan langsung dari pendiri, Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto. Menurutnya, Kepedulian sosial adalah salah satu nilai dalam bekerja di RGE Group dan Tanoto Foundation dan dukungan ini juga selaras dengan filosofi di Tanoto Foundation bahwa pendidikan yang berkualitas dapat mempercepat terciptanya kesetaraan peluang.

“Semoga dengan diresmikannya dua sekolah ini, anak-anak di Sigi dan Donggala bisa fokus belajar dengan nyaman dan tenang,” kata Basrie Kamba. Kamis (27/02/2020).

Dana untuk rekonstruksi SDN 05 Dolo dan SDN 013 Sirenja tersebut berasal dari sumbangan staf RGE Group dan Tanoto Foundation di seluruh dunia. Sumbangan yang terkumpul Rp 1.079.293.009, kemudian ditambah dua kali lipat oleh Keluarga Tanoto yaitu Rp 2.158.586.018, sehingga totalnya menjadi Rp 3.237.879.027.

“Semua sumbangan ini berkat dukungan 50 ribu karyawan RGE Group dan Tanoto Foundation di seluruh Indonesia,” ujar Basrie.

Hal ini senada dengan Sitty Hasbia N. Zaenong, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan, yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, saat meresmikan kedua sekolah tersebut menuturkan, Dukungan ini sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing berdasarkan keimanan dan ketakwaan.

“Saya mengapresiasi bantuan dari RGE Group dan Tanoto Foundation dan saya berharap bantuan ini langsung bisa dimanfaatkan agar pelayanan pendidikan segera berjalan sebagaimana mestinya,” sambut Sitty Hasbia.

Selain itu, Kepala sekolah SDN 05 Dolo Masliati, mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan kepada sekolah dan anak-anak didik SDN 05 Dolo dimana sejak pasca gempa, sekolah mereka tidak dapat digunakan bahkan proses mengajar dialihkan ketenda, namun kondisi dalam tenda tidak berjalan baik.

“Saya selaku kepala sekolah mengucapkan terimakasih atas bantuan dari RGE Group dan Tanoto Foundation, sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik,” ucap Masliati.(**)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY