Cegah Covid 19, Untad Palu Keluarkan Surat Edaran, Ini Isi Surat Edarannya

PALU, – Rektor Universitas Tadulako Kota Palu, Sulawesi Tengah, Prof. Dr. Ir. Mahfudz MP, mengambil tindakan, dengan mengeluarkan surat edaran nomor 3202/UN28/SE/2020, pada 15 Maret 2020 siang, demi mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19 yang saat ini sedang mendunia dan dianggap sangat berbahaya.

Mahfuzdz mengungkapkan, Hal tersebut merupakan salah satu Kesiapsiagaan dan Upaya yang kami berlakukan demi untuk Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 atau Virus Corona.

Sejumlah poin yang dituliskan dalam surat edaran itu, berisi beberapa pemberitahuan terkait aktivitas dan tindakan yang akan di ambil untuk di berlakukan di Kampus Untad Palu, untuk mencegah penyebaran penyakit yang berasal dari Negara Cina itu, yang saat ini telah masuk ke Indonesia.

“Kami akan memanfaatkan sistim online (daring). Bahkan Wisuda Angkatan ke-101 yang direncanakan pada tanggal 26 Maret 2020 akan ditunda, karena adanya penyebaran wabah virus Corona,” ujar Rektor.

Surat edaran yang dikeluarkan oleh rektor tersebut, berisikan kurang lebih 11 poin penting yang diambil untuk pencegahan Penyebaran Virus Corona di lingkup kampus terbesar di Sulteng itu,diantaranya :

di Lingkungan Universitas Tadulako
Berdasarkan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) tentang status pandemi kejadian infeksi Covid-19 oleh Public Health Emergency of International Concern, Keputusan Presiden No. 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020, Universitas Tadulako memutuskan kebijakan untuk pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan Universitas Tadulako, sebagai berikut:

1. Bertindak tetap waspada dan tidak bersikap panik dalam menghadapi pandemi Covid-19;

2. Menghindari kegiatan yang dihadiri banyak orang dan tidak menyelenggarakan kegiatan baik akademik maupun non akademik yang melibatkan banyak peserta;

3. Seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa diharapkan mempraktikkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta secara aktif dan konsisten menerapkan berbagai tindakan pencegahan penularan penyakit sesuai dengan pedoman yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;

4. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran mulai tanggal 16 Maret s.d 05 April 2020 dilaksanakan dengan kebijakan sebagai berikut:

a. Kuliah tatap muka diharapkan dilakukan dengan pembelajaran online (daring) dengan memanfaatkan media online (daring) yang tersedia.

b. Kegiatan praktik seperti praktik laboratorium, praktik lapangan, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, PPL, dan KKN dilakukan dengan menggunakan metode lain tanpa pertemuan langsung dan dilakukan penjadwalan ulang yang disesuaikan dengan informasi perkembangan penularan infeksi Covid-19.

c. Pelaksanaan bimbingan tugas akhir (skripsi, tesis, dan disertasi) dilaksanakan secara online (daring) dengan tetap memperhatikan administrasi dan standar mutu bimbingan.

d. Pelaksanaan seminar proposal dan ujian akhir (skripsi, tesis, dan disertasi) dilaksanakan seperti biasa dengan catatan selalu menerapkan kewaspadaaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19.

e. Pimpinan Fakultas, LPPMP, dan UPT TIK agar memberikan dukungan kepada para dosen untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran online (daring).

5. Menunda atau membatalkan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang memungkinkan terjadinya kerumunan banyak orang sehingga tidak memungkinkan dilakukan tindakan kesiapsiagaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19;

6. Wisuda Angkatan ke-101 yang direncanakan tanggal 26 Maret 2020 ditunda dan akan dijadwalkan kemudian dengan memperhatikan perkembangan situasi terkait infeksi Covid-19;

7. Menunda perjalanan ke luar negeri bagi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa sampai situasi normal kembali. Pimpinan Universitas dan Fakultas/Lembaga diharapkan melakukan koordinasi dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri atas penundaan kegiatan dengan tetap menjaga etika hubungan kerjasama;

8. Kunjungan mitra dan tamu dari luar negeri dihentikan sementara. Pimpinan Universitas dan Fakultas/Lembaga yang terkait dengan mitra dan tamu diharapkan melakukan komunikasi untuk menyampaikan penghentian sementara ini;

9. Menganjurkan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa untuk tidak melakukan perjalanan di dalam negeri yang tidak penting dan potensial terinfeksi Covid-19.

10. Absen dosen dan tenaga kependidikan menggunakan finger/face print untuk sementara tidak digunakan dan beralih ke daftar hadir manual yang disiapkan unit masing-masing.

11. Selain hal tersebut di atas, Universitas Tadulako tetap menjalankan kegiatan seperti biasa dan akan dilakukan penyesuaian sesuai perkembangan Covid-19

BAGIKAN

LEAVE A REPLY