Masih Simpang Siur, Terkait Data Covid-19 Di Palu

PALU,- Berdasarkan data update yang di keluarkan Pusat Data dan Informasi pemerintah Sulawesi Tengah, pada hari Sabtu 28 Maret 2020, bahwa di Sulawesi Tengah pasien Positif Virus Covid 19 (Corona) mengalami peningkatan.

Saat ini Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kota Palu sebanyak 5 orang, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 17 orang dan yang dinyatakan negatif sebanyak 3 orang serta 2 orang dinyatakan positif.

Sementara itu, jika di bandingkan dengan data sebelumnya, dimana di Kota Palu berdasarkan peebandingan data Tanggal  27 dan 28 Maret, ODP mengalami penurunan di mana data sebelumnya 6 menjadi 5 orang, PDP mengalami penjngkatan dimana data sebelumnya menjadi 9 menjadi 17 orang, dan negatif saat ini masih sama seperti data sebelumnya yaitu sebanyak 3 orang serta Positif mengalami peningkatan menjadi 2 orang di mana sebelumnya hanya terdapat 1 orang positif yaitu pasien yang sedang menjalani perawatan Isolasi di RS Undata Palu.

Data pasien Positif Corona yang mengalami peningkatan, masih simpang siur karena Berdasarkan keterangan dr. Amin Saleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Pasien (P2P) Dinas Kesahatan Provinsi Sulteng, saat di konfirmasi melalui via telpon,mengungkapkan bahwa penambahan pasien positif Covid 19 kota Palu adalah ODP.

“Kami memperoleh informasi tersebut, dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Husaema, untuk kejelasan lebih lanjut silahkan konfirmasi kepada Kepala Dinas,” jelasnya.

Ia menambahkan, Bedasar informasi yang kami terima itu, bahwa pasien tersebut tetap akan di Isolasi secara mandiri di rumahnya walaupun sudah dinyatakan positif melalui hasil uji lab dari Jakarta.

Sementara itu, Berdasarkan Keterangan Plt Direktur Rumah Sakit Anutapura Palu, sangat berbeda dr. Herry Mulyadi yang mengungkapkan, Data update yang di keluarkan pemerintah Sulteng melalui Pusat Data dan Informasi, benar adanya, bahwa saat ini terdapat 1 orang tambahan pasien yang Positif mengidap Virus Covid 19 (Corona) merupakan Pasien Dalan Pemantauan dan saat ini sedang dalam perawatan di ruang isolasi RS Anutapura Palu.

“Saat ini, pasien tambahan yang positif Covid 19 tersebut, sedang dalam perawatan Isolasi di Rumah sakit Anutapura dimana saat ini kondisinya sangat baik,” ungkapnya saat di Konfirmasi melalui via telpon.

Dirinya menambahkan, pasien yang dinyatakan Positif tersebut dinyatakan positif saat tes uji lap pertama, tetapi akan kembali di tes dan akan di uji sampel ke dua dimana masih menunggu hasilnya.

“Pasien yang dinyatakan Positif Covid 19, dipastikan adalah PDP, karena tidak ada pasien yang positif Covid 19 ODP sebelum  dinyatakan melalui PDP,” tegasnya dalam Via Telpon 17.30 sore.

Hingga berita ini di turunkan, kami masih menunggu hasil keputusan resmi dari pemerintah Sulawesi Tengah, untuk menyatakan kepastian dan keterangan yang jelas.(**)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY