Mengaku Pejabat Partai, RD Jadi Incaran Polda Metro Jaya

PALU, Kepolisian Resor Palu, Polda Sulawesi Tengah, meringkus oknum inisial RD (37) yang diduga pelaku penipuan mengatasnamakan seorang oknum Pejabat Partai melalui media sosial jaringan lintas provinsi.

Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh, dalam jumpa pers mengatakan, RD yang diketahui warga asal Kabupaten Poso itu ditangkap pada Kamis sore (4/6/2020) sekitar pukul 04.00 WITA di Tatanga, Kelurahan Tavanjuka, Palu. RD beraksi dengan menggunakan media sosial mengatasnamakan tokoh yang berpengaruh atau penting partai di Sulteng dengan meminta uang kepada koleganya dengan alasan ingin melakukan acara dan lain sebagainya.

“RD ditangkap polisi atas tuduhan penipuan dengan mencatut nama seorang pejabat petinggi partai, dengan menggunakan media sosial, dengan sasaran koleganya,” ujar Kapolres. Kamis, 4 Juni 2020.

Kapolres Sholeh mengaku, hingga kini belum bisa mengungkapkan secara detail keseluruhan barang bukti yang disita, karena kasusnya masih dalam proses pendalaman oleh pihak kepolisian.

Meski demikian, berdasarkan informasi awal dari tersangka, uang yang berhasil diraup dari aksi kejahatan penipuan itu senilai lebih dari Rp100 juta.

“Ini masih kita kembangkan. Yang bersangkutan juga ada Laporan Polisi di Polda Metro Jaya, kita belum tahu, apakah akan dibawa ke Polda Metro Jaya atau dilanjutkan di Palu,” terang Kapolres Sholeh.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 45 a ayat 1 undang-undang nomor 19 tahun 2016 perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik atau penipuan sebagaimana pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun.(*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY