Pasca Banjir, RSUD Torabelo Mulai Dibersihkan

SIGI,- Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di wilayah Sulawesi Tengah mengakibatkan terjadinya banjir. Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sigi, menyebabkan luapnya air dari renase membanjiri Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis Sore (09/07/20).

BACA : Banjir Bandang Sigi, Peluang di Tengah Ancaman

Noviani, salah seorang petugas Rekam Medis Rumah Sakit Torabelo mengatakan, Saat banjir terjadi, Ia melihat luapan air yang mengalir dari jebolnya pagar antara ruang perawatan cemara dan ruang eboni yang mengakibatkan air dan lumpur memasuki area rumah sakit.

“Itu kan sebenarnya tidak masuk air, karena pagar dibelakang jebol, antara ruang perawatan cemara dan ruangan eboni, jadi air dan lumpur masuk dari situ.” ujar Noviani. Jumat (10/07/20).

Selain itu, Pasca kebanjiran, pihak RSUD Torabelo Sigi tidak melakukan pelayanan kesehatan. Hal itu disebabkan seluruh petugas medis di RSUD Torabelo terpaksa harus membersihkan seluruh ruangan yang digenangi air akibat banjir, yang terjadi sekitar pukul 17.35 Wita pada Kamis (9/7/2020).

Grafil R.F.Beba, Direktur Rumah Sakit Umum Torabelo Sigi menuturkan, Sejumlah ruangan dan fasilitas rumah sakit yang terendam banjir, kini mulai dibersihkan.

“Tidak ada alat-alat medis yang rusak, hanya ruangan yang kotor, jadi hanya pembersihan ruangan, dan soal kerugian tidak sampai 100 juta.” tutur Grafil.

Untuk proses pembersihan, Pihak RSUD Torabelo Sigi melibatkan personil dari Polres Sigi dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Sigi serta Tim Relawan.(*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY