PALU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Palu, membagi sekitar 5000 masker selama pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala 2020, di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, melalui Kasat Lantas Iptu Cahya Fajar Timur Amboina, di Palu, Kamis, mengatakan pembagian masker tersebut upaya Satlantas Polres Palu mengedukasi masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Palu.

“Operasi Kepolisian ini lebih memprioritas kepada operasi kemanusiaan, ketimbang penegakkan hukum mengingat saat ini dihadapkan dengan pandemi COVID-19,” katanya.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan operasi ini tidak ditargetkan ada penegak hukum atau penilangan kepada pelanggar berlalu lintas, namun lebih banyak upaya edukasi kepada masyarakat agar mentaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Lebih banyak operasi kemanusiaan dengan membagi masker hampir lima ribuan kepada masyarakat maupun pengendara. Kita datang, kita bagi masker,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan Operasi Zebra digunakan untuk sosialisasi dan memberi himbauan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas dan tetap pedomani protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini.

Ia menegaskan pelaksanaan Operasi Zebra 2020 digelar serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari dari 26 Oktober hingga 8 November 2020.

“Operasi Zebra Tinombala itu bertujuan untuk bisa menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Palu serta menertibkan pelanggaran protokol kesehatan,” katanya.**/AL

LEAVE A REPLY