PALU – Kepolisian Resor Palu Polda Sulawesi Tengah bekali Satuan Linmas wilayah Kota Palu tentang tugas saat mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di wilayah setempat pada 9 Desember 2020.

“Peran Linmas sebagai garda terdepan tidak dapat dipandang sebelah mata, dengan dilaksanakan pembekalan ini personel linmas dapat mengetahui dalam menjalankan tugas 9 Desember mendatang,” kata Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, di Palu, Jumat.

Kapolres mengatakan Linmas merupakan salah satu petugas yang bertugas langsung di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) sehingga dibutuhkan pemahaman tentang tugas yang harus dilakukan.

“Seperti tetap berkoordinasi dengan petugas keamanan, termasuk mengukur suhu tubuh para pemilih saat berada di TPS, makanya hendaknya petugas Linmas menjadi contoh bagi masyarakat pemilih, agar Pilkada Kota Palu tidak jadi kluster baru COVID-19,” katanya.

Kapolres mengatakan dalam Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Palu dan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng perlu campur tangan semua pihak demi menyukseskan pesta demokrasi ini.

Sementara Ketua KPU Kota Palu Agus Salim mengatakan, tugas dan fungsi Linmas antara lain, mendorong pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi berjalan lancar.

Ia mengatakan Linmas diharapkan bisa mengedukasi masyarakat pemilih Kota Palu untuk menerapkan 3M untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Tugas Linmas sangat penting dalam mendukung pilkada agar berjalan tertib aman dan lancar, sehat dengan ingatkan dan atur pemilih tidak bergerombol, memakai masker, dan mencuci tangan sebelum masuk daftar antrean di TPS. Selain bertugas pengamanan di TPS, saudara juga bertugas menjaga kotak suara masing-masing tempat bertugas,” ujarnya.

Pembekalan Linmas ini dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (04/12) di salah satu Hotel di Kota Palu, yang dihadiri oleh Ketua KPU Palu Agus Salim, Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, perwakilan Dandim 1306 Donggala, Kesbangpol Pemerintah Kota Palu dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19.

BAGIKAN