BANGGAI, – Upaya mendisiplinkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terus dilakukan petugas gabungan Operasi Yustisi di Kecamatan Batui Selatan. Seperti yang terlihat pada Jumat pagi (4/12/2020), aparat gabungan yang terdiri dari Polsek Batui, Koramil, Puskesmas dan Pemerintah Kecamatan kembali menjaring puluhan pelanggar protokol kesehatan saat menggelar Operasi Yustisi di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya pertigaan Pasar Desa Gori-gori Kecamatan Batui Selatan.

Kapolsek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata mengatakan, ada 27 warga yang terjaring Operasi Yustisi. Kebanyakan dari mereka tidak memakai masker saat berada di luar rumah. “para pelanggar protokol kesehatan itu kemudian diberikan sanksi sesuai dengan peraturan Bupati Banggai nomor 33 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian virus corona,” ujarnya.

Warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan itu selain diberikan sanksi juga diberikan masker gratis sebagai upaya aparat gabungan Ops Yustisi melindungi masyarakat dari Covid-19.

“Mereka yang melanggar diberikan teguran lisan dan sanksi social yaitu pungut sampah di sekitar lokasi kegiatan,” tambahnya.
.
Selain itu, warga yang melanggar ini juga kita berikan edukasi tentang pentingnya patuh protokol kesehatan demi keselamatan diri dan orang lain.(*)/Dhani

BAGIKAN