PALU – Kepala Kepolisian Resor Palu AKBP Riza Faisal menginggatkan personel yang terlibat pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 tidak melakukan pelanggaran saat bertugas.

“Agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan nantinya tidak terjadi permasalahan dan setiap personel pengamanan dapat betul-betul memahami tentang tugas dan tanggung jawabnya sehigga tidak menimbulkan masalah,” kata Kapolres Palu dalam arahannya saat apel pembekalan kepada personelnya dan personel BKO Polda yang akan melaksanakan pengamanan TPS Pilkda, di Palu, Minggu.

Juga menegaskan kepada para personel untuk coba pernah terlibat dalam hal penyalahgunaan narkoba dan tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini.

“Barusan kita apel kan personel kita yang akan melaksanakan PAM TPS 9 Desember 2020, mereka akan bertugas di TPS di masing masing kelurahan di wilayah Kota Palu dan ada Perwira yang mengawasi personel pengamanan TPS,” katanya.

Kapolres mengatakan sebelum diberangkatkan para personel telah dibekali tentang tugasnya, termasuk beberapa materi terkait Pilkada.

“Diantaranya netralitas Polri, tugas dan tanggung jawab selama pelaksanaan pilkada dan juga Gakkumdu yang disampaikan oleh beberapa pemateri dari satuan fungsi yang ada di Polres Palu,” ujarnya.

“Hal ini kita lakukan untuk benar-benar mempersiapkan personel kita supaya dalam pelaksanaan tugasnya dapat berjalan aman, kondusif dan yang penting agar para personel pengamanan TPS untuk tetap menjaga kesehatan dan kondisi fisik sehingga siap menghadapi menjalan tugas yang diemban,” katanya.

Kapolres juga meminta personel BKO Polda Sulteng untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru sehingga Pilkada di Kota Palu dalam kondisi yang aman dan kondusif.

“Saya juga sampaikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan di lingkungan PAM TPS, kemudian tetap menjaga kerapian seperti baju, penampilan dan rambut, dan kerapian personel kita sangat baik,” ungkapnya.

Sebanyak 230 Personel Polres Palu dan BKO Polda Sulteng diturunkan untuk melaksanakan pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu yang akan digelar pada hari Rabu, 9 Desember 2020.

BAGIKAN