PALU, – Jajaran personel Kepolisian Resor Palu sebelum melaksanakan tugas pengamanan tempat pemungutan suarat (TPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentah 9 Desember 2020, dirapid tes COVID-19.

“Sebelum melakukan pengamanan, semua personel dilakukan pemeriksaan dan semua personel yang dirapid non reaktif dan siap bertugas,” kata Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, di Palu, Minggu.

Ia mengatakan pemeriksanaan dan rapid tes tersebut untuk memastikan personel yang bertugas dalam keadaan sehat dan siap menjalankan tugasnya.

“Agar terbebas dari COVID-19 sehingga dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh personel yang akan bertugas melakukan pengamanan tempat pemungutan suara,” ujarnya.

Kapolres mengatakan selain dirapid tes personel Polres Palu akan dilengkapi dengan alat pelindung diri standar.

“Personel juga diberikan suplemen atau vitamin untuk menjaga stamina tetap sehat dan bugar, meninggat jumlah personel sangat terbatas,” jelasnya.

Ia menjelaskan seperti diketahui tahun ini dilaksanakan Pilkada sehingga dalam menghadapi pesta demokrasi Walikota dan Wakil Walikota Palu dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan untuk mengamankan pesta demokrasi ini Polres Palu setidaknya 230 personel untuk melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak ini.

“Para personel akan disebar ke 669 TPS yang berada di kelurahan di wilayah Kota Palu,” ujarnya.

Ia menjelaskan satu personel ada yang bertugas mengawasi tiga TPS bahkan tujuh TPS.

“Dan kami sudah melakukan pertemuan dengan lintas sektoral agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar, sukses, aman dan sehat,” tandasnya.(*)

BAGIKAN