PALU, – Kabar duka datang dari salah satu Tempat Pemungutan Suara di Kelurahan Tanahmodindi, Kota Palu, Rabu (9/12/2020). Di puncak pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), salah seorang pemilih di TPS 8 Kelurahan Tanahmodindi, dinyatakan meningal dunia.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal mengatakan, korban yang diketahui bernama Musdin Dg. Sila (70) itu datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan kemudian jatuh tertelungkup, kemudian pingsan dan dinyatakan meninggal dunia.

Lanjut Kapolres Riza, berdasarkan keterangan saksi di TKP bernama Sagaf (48), korban tiba di TPS 8 Tanahmodindi sekitar pukul 07.30 Wita. Kemudian saksi melihat korban mencuci tangan, dan dicek suhu tubuh oleh petugas KPPS, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

“Sebelum memasuki area TPS, Kemudian korban duduk di kursi antrian sesuai arahan petugas KPPS, setelah beberapa saat korban duduk di kursi antrian tiba-tiba korban terjatuh dan pingsan kemudian dinyatakan meninggal dunia, sehingga korban diangkat ke dalam rumah salah seorang warga sekitar TPS, ” jelas Kapolres Riza, Rabu siang.

Sementara itu, saksi lainnya Muh Tizal (31) menambahkan, dirinya sebagai anggota linmas TPS 8 Tanahmodindi, memang bertemu dengan korban saat korban tiba di TPS pada pukul 07.30 wita, dan langsung mempersilahkan korban mengikuti protokol kesehatan, kemudian menuju kursi antrian ke bikik suara.

“Setelah korban duduk untuk menunggu tiba-tiba korban terjatuh dan tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal dunia,” terangnya.

Sementara itu, kata Kapolres Riza, menurut keterangan keluarga, yakni istri korban yang bernama Aspia (68), korban selama ini dalam kondisi sehat dan tidak mengeluhkan sakit apapun.

Selain itu, terhadap diri korban tidak ditemukan tanda – tanda kekerasan ataupun luka, sehingga pihak keluarga menyimpulkan bahwa korban meninggal bukan karena perbuatan tindak pidana.

“Pihak keluarga menolak dilakukan outopsi ataupun Vidum Et Repertum terhadap korban dan dibuatkan surat pernyataan penolakan Visum Et Repertum. Kemudian tim satgas covid – 19 Puskesmas Kawatuna sudah dihubungi dan tinggal menunggu hasil pemeriksaan, ” tandas Kapolres Riza.(*)

BAGIKAN