PALU – Tim Supervisi Operasi Mantap Praja 2020 Mabes Polri kunjungi Mako Polres Palu, Polda Sulawesi Tengah, pasca dilaksanakan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020.

Tim Supervisi Operasi Mantap Praja 2020 Mabes Polri, Brigjen Pol. Victor G. Manopo, di Palu, Kamis mengatakan salah satu tujuan kunjungan tersebut menyampaikan amanat Kapolri terkait pengamanan Pilkada serentak 2020.

“Ada beberapa penekanan yang disampaikan diantaranya, Pilkada di masa pandemi ini telah diatur dalam peraturan KPU yang sudah dibuat setiap tahapannya dengan memperhatikan protokol kesehatan, memperhatikan aspek pengamanan dan pencegahan penyebaran COVID-19,” katanya.

Kemudian, katanya terkait beberapa kerawanan di tahapan pemilihan dan pemungutan suara antara lain pengerusakan TPS, anarkisme dari yang kalah, bentrok pendukung, dan pelanggaran protokol kesehatan.

“Kita harus berjuang untuk mengetahui sejauh mana kesiapan wilayah dalam menghadapi Pilkada, sehingga mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan guna mengamankan Pilkada 2020 yang tertib, aman dan damai dan sehat,” katanya.

Ia mengatakan selain itu, sasaran pengamanan Pilkada adalah terwujudnya kerja sama antar satuan penyelenggara Pilkada.

“Dan Polri harus membangun kepercayaan publik, sehingga dapat tercipta Pilkada aman dan tertib dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, mengatakan siap melakukan apa yang telah disampai dan diarahkan tim Supervisi dan Asistensi Operasi Mantap Praja Mabes Polri tersebut.

Kedatangan tim Supervisi dan Asistensi Operasi Mantap Praja Mabes Polri ini disambut Kapolres Palu AKBP Riza Faisal didampingi Waka Polres Palu Kompol Margiyanta serta Pejabat Utama Polres Palu.

BAGIKAN