POSO, – Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Akhirnya secara resmi menutup sementara empat pelayanan pasien yang ada dirumah Sakit Umum Kabupaten Poso. Selain karena masuk zona merah. Penutupan sementara sejumlah pelayanan dirumah sakit umum daerah kabupaten poso dilakukan setelah 36 orang tenaga medis baik dokter dan perawatan terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan pantauan dirumah Sakit Umum Kabupaten Poso, Sedikitnya ada empat pelayanan yang ditutup sementara masing-masing, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat,  bedah sentral, rawat jalan serta pelayanan radiologi. Penutupan sementara pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Kabupaten Poso tersebut akan berlangsung selama empat belas hari kedepan berdasarkan Surat Edaran Bupati Poso  yang terhitung mulai minggu 20 Desember 2020 sampai  tanggal 4  Januari 2021 mendatang.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, Selain karena masuk zona merah  serta banyaknya tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19,  Penutupan sementara tersebut dilakukan dalam rangka memutus penularan wabah Covid 19 di Poso yang terus meningkat. Menurutnya, meskipun sejumlah pelayanan rumah sakit ditutup sementara, Pihak rumah sakit masih tetap membuka sebagian pelayanan seperti rawat  inap dan kebidanan.

Berdasarkan data yang ada pada tim satuan tugas Covid-19 Kabupaten Poso, Jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 355 orang, 247 orang dinyatakan sembuh dan 9 orang diantaranya meninggal dunia. Selain pelayanan Rumah Sakit Umum  Poso yang ditutup.Pemerintah Daerah setempat juga membenarkan adanya sejumlah instansi perkantoran milik Pemda yang pelayanan tidak berjalan maksimal akibat beberapa pejabat ikut terkonfirmasi Covid -19.(*)/Dhani

BAGIKAN