PALU – Kabar baik bagi 163 narapidana di Provinsi Sulawesi Tengah. Mereka mendapatkan remisi khusus Natal tahun 2020.
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Perwakilan (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng), Sunar Agus mengatakan, pemberian remisi khusus itu berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor PAS-1341.PK.01.01.02 Tahun 2020.
Lanjutnya, ke-163 narapidana yang menerima potongan masa tahanan itu sedang menjadi warga binaan di 11 Lembaga Pemasyarakatan di bawah Kanwil Kemenkumham Sulteng.
Masing-masing di Lapas Kelas II B Luwuk sebanyak 36 orang, Rutan Kelas II B Donggala 7 orang, Lapas Kelas III Leok 2 orang, Lapas Kelas II B Ampana 17 orang, Lapas Kelas II A Palu 38 orang, dan Lapas Kelas III Kolonodale 8 orang.
“Ada juga di Rutan Kelas II B Poso 20 orang, Lapas Kelas III Parigi 10 orang, Rutan Kelas II A Palu 15 orang, Lapas Kelas II B Tolitoli 5, dan Lapas Perempuan Palu 5 orang,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).
Untuk diketahui, mereka yang mendapatkan remisi khusus itu adalah narapidana yang sudah memenuhi syarat, salah satunya menjalani masa hukuman minimal 6 bulan.
Persyaratan lainnya yakni telah memiliki kelengkapan dokumen berupa putusan pengadilan, berita acara putusan pengadilan, Surat Perintah Pelaksanaan Putusan pengadilan dan surat penahanan dari penyidik.
Mereka diusulkan mendapat remisi selama 15 hari hingga satu bulan. (*)
BAGIKAN