PALU, – Program pemerintah terkait vaksinasi COVID-19, bagi tenaga medis di Kota Palu berjalan lancar. Suksesnya Program tahap pertama ini berkat kerjasama dinas kesehatan dan instansi terkait lainya, serta tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama .

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Palu, Drg.Lutfiah Sahabuddin, kepada wartawan belum lama ini mengatakan keberhasilan program vaksinasi tahap pertama itu tentunya atas kerjasama dinas kesehatan kota palu yang melibatkan instansi-instansi terkait dan organisasi-organisasi serta peran tokoh-tokoh daerah dan agama.

‘’Semua pihak terkait intensif mensosialisasikan keamanan dan kehalalan vaksin covid-19 sinovak serta pentingnya mengikuti vaksinasi covid-19, sehingga sasaran para tenaga kesehatan yang bekerja di tempat pelayanan kesehatan dikota palu percaya akan keamanan dan kehalalan vaksin covid-19,’’tandasnya.

Disebutkan, setelah sukses tahap pertama, pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Palu tengah mempersiapkan vaksinasi tahap II dengan mendata Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot. Hal ini diatur melalui surat Nomor: 800/143/Dinkes/II/2021, tentang permintaan data pegawai di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang ditandatangani Sekertaris Kota Palu, yang kini menjabat Plh Wali Kota Palu, Asri Sawayah.

“Namun, kami belum memastikan jumlah ASN yang akan menerima vaksin, karena masih dalam tahap pendataan,” ucapnya.

Ditambahkan, siring dengan itu, Dinkes juga tengah melakukan pendataan calon penerima vaksin Covid-19 buatan sinovac. Dimulai dari lingkup pemerintahan, tidak terkecuali ASN Pemkot Palu.

“Kita usahakan secepatnya. Karena ini kan tenaga kesehatan berakhir Februari, baru kita masuk ke TNI/Polri dan ASN di tempat publik, seperti Satpol, Dishub dan guru. Vaksin juga belum datang, dan belum ada kepastian waktu dari Kemenkes RI. Setelah pendataan, Dinkes akan melaporkan hasilnya ke kemenkes,” jelasnya.(*)/Dhani.

LEAVE A REPLY