INIPALU.COM, – Percepat pelayanan untuk masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu buat pelayan program baru di masing-masing Puskesmas dan Rumah Sakit (RS).

Program itu diberi nama Anak Lahir Pulang Bawa Akte (Alpukat). Pelayanan ini hadir di awal tahun 2019 dan pada 2020, bentuk pelayanan dari Alpukat dikembangkan oleh Dukcapil.

“Program Alpukat jalan di awal tahun 201o tapi belum online. Masih dengan cara persyarakat dan berkas kelengkapan dikirim melalui WA,” ungkap Kadis Dukcapil Kota Palu, Rosida Thalib, pada Sabtu (13/3/2021) siang.

“Setelah di tahun 2020, bentuk pelayanan dikembangkan dengan menggunakan aplikasi cetak di tempat,” tambahnya.

Kadis Dukcapil Kota Palu menjelaskan, ketika seorang ibu melahirkan di Puskesmas atau RS, saat keluar, sudah membawa Akta dan Kartu Keluarga yang mencantumkan nama anak yang baru lahir.

“Pelayanan ini difasilitasi oleh Yayasan Karampuang, dengan memberikan bantuan server data,” kata Rosida.

Diketahui, pelayanan dengan program Alpukat, saat ini dapat dijumpai di enam RS yang ada di Kota Palu dan satu Puskesmas.

“Yang sudah berjalan menggunakan aolikasi Alpukat yaitu RS Nasanapura, RS Woodward, RS Budi Agung, Rs Care Shee, RS Sis Aljufri, RS Bhayangkara dan puskesmas Sangurara Duyu,” ucap Rosida.

Ia menargetkan di tahun 2021, seluruh puskesmas di Palu, menggunakan jenis pelayanan Alpukat.(*)/rendy

LEAVE A REPLY