PALU, – Hari Buruh atau May Day yang jatuh setiap tanggal 1 Mei sering Kali diperingati dengan konvoi atau turun kejalan, namun kali ini Hari Buruh. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Buruh kali ini tidak dalam bentuk aksi turun ke jalan. Melainkan dalam bentuk kegiatan sosial, salah satunya dengan buka puasa bersama yang difasilitasi pemerintah provinsi Sulawesi Tengah. Apalagi May Day kali ini bertepatan dengan ibadah bulan puasa.

Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Sulawesi Tengah (KSBSI) Sulawesi Tengah Karlan S Ladandu, melalui siaran persnya Kamis 29 April 2021, mengatakan berdasarkan hasil koordinasi dengan serikat buruh maupun tokoh LSM dan pihak terkait maka peringatan hari buruh internasional kali ini ditiadakan dalam bentuk aksi unjukrasa.

“Mengingat saat ini masih pandemic corona dan bertepatan dengan bulan suci ramadhan, lanjut Karlan maka peringatan dialihkan ke kegiatan sosial, termasuk diantaranya buka puasa bersama,” ucapnya.

Karlan menyampaikan jika KSBSI Pusat telah memberikan himbauan agar peringatan May Day tahun ini dalam situasi Pandemi Covid-19 dan dalam situasi Bulan Suci Ramadhan lebih menitik beratkan pada kegiatan sosial dan rencananya KSBSI Sulteng akan melakukan kegiatan buka puasa bersama dengan karyawan buruh yang masuk dalam serikat buruh KSBSI.

“Untuk waktu dan tempatnya akan dirapatkan terlebih dahulu bersama dengan pengurus,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Lukius Todama Sulawesi Tengah menyampaikan pihaknya memiliki dua opsi untuk memperingati Mayday kali ini yaitu kegiatan buka puasa bersama anggota SB FSPNI di kantor sekretariat atau akan menggelar konvoi keliling Kota Palu.

“Namun ia masih menunggu hasil pertemuan ( rapat internal) kembali untuk memastikan kesiapan kegiatan,” ucapnya.

Dikemukakan pula jika  sebelumnya ia sudah memperoleh undangan dari Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Provinsi Sulteng dengan nomor surat 005 / 2172 / BidPHIWasnaker tanggal 26 April 2021, dimana di dalam surat tersebut berisi ajakan untuk menghadiri kegiatan peringatan hari Buruh tahun 2021 tingkat Propinsi Sulteng yang dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama Gubernur Sulteng,  Dinas terkait, Buruh, Dewan Serikat Buruh, BPJS, APINDO serta sekitar 40 perusahaan  yang akan dilaksanakan Jumat 30 April 2021, di salah satu hotel di Palu Barat.

Terkait adanya Surat Edaran ( SE) Menteri nomor M/6/HK.04/IV/2021 Tanggal 12 April 2021 tentang pelaksanaan pemberian Tunjangan Hari Raya ( THR) Keagamaan tahun 2021 bagi pekerja / Buruh di perusahaan, Lukius  menambahkan bahwa saat ini kami yg tergabung dalam LKS ( Lembaga Kerja Sama) Three Parteid sedang mempersiapkan diri untuk bersama – sama melakukan pengawasan / sidak untuk memastikan kegiatan pemberian THR yg dilakukan oleh perusahaan terhadap Buruh/pekerja berjalan dengan baik.

“Kegiatan sidak akan dilaksanakan mulai dari H – 9 hari Raya Idul Fitri ( yg merupakan batas akhir pemberian THR) dan akan dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut dengan agenda setiap harinya kami akan mengunjungi sekitar 9 perusahaan,” tutupnya.(*)Tim

LEAVE A REPLY