Pemprov Sulteng Dorong Pemda Parimo Genjot Capaian Vaksinasi

  • Bagikan

PARIMO,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo) untuk menggenjot capaian target vaksinasi Covid-19.

“Dorongan ini juga bukan hanya untuk Parimo, namun juga wilayah lainnya yang masing terus mengejar target capaian vaksinasi,” ungkap Kepala Dinkes Sulteng, I Komang Adi Sujendra saat dihubungi di Kota Palu, Senin 21 November 2021.

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Parimo hingga 19 November, baru mencapai angka 37,4 persen. Ia meyakini, pemerintah dapat mengejar capaian target nasional 70 persen tersebut, dengan terus melakukan kolaborasi ke sejumlah stakeholder terkait, diantaranya TNI, Polri, Badan Intelijen Nasional wilayah Sulawesi Tengah.

Sebenarnya, hingga kini belum ada petunjuk atau instruksi dari kementerian, tentang sanksi bagi daerah yang tidak dapat mencapai target tersebut.

Hanya saja, Pemda akan sangat disulitkan dengan capaian-capaian target kedepannya, sebab di tahun 2022 dipastikan akan ada penambahan sasaran.

“Tahun depan itu, sasaran vaksinasi berikutnya adalah anak usia 6-11 tahun. Jika target tahun ini belum tercapai, akan Pemda akan sangat kesulitan nantinya,” ungkapnya.

Tidak tercapainya target itu kata dia, juga mempengaruhi situasi level daerah. Sebab, tidak akan terjadi perubahan level dari tiga ke dua.

“Itu karena capaian vaksinasi telah masuk dalam kriteria perubahan level suatu daerah,” jelas komang Adi.

Kemudian, untuk kondisi stok vaksin di Sulteng saat ini masih belum cukup, sebab pemerintah pusat belum melakukan pendistribusian. Sementara beberapa kabupaten, telah mengalami kekosongan seperti Donggala.

“Tetapi untuk stok vaksin di Kabupaten Parimo, dan beberapa kabupaten lain dalam posisi aman,” kata dia

Dia menyebut, dari total capaian vaksinasi dari 13 kabupaten/kota se Sulteng, pertanggal 19 November, telah mencapai 47,7 persen untuk dosis pertama.

Dia pun optimis, hingga dipenghujung tahun nanti target 75 persen akan tercapai. Rencananya, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder, mengundang seluruh Kepala Dinkes termasuk Parimo.

“Rapat itu untuk mendiskusikan target capaian target vaksinasi kedepan di setiap daerah,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan