oleh

Durian Montong Khas Sulteng Makin di Minati Lokal Hingga Internasional

-♦️BERITA-125 Dilihat

PALU,-  Siapa tidak tahu dengan durian montong.Durian montong asal Sulteng dikenal berukuran besar, berdaging tebal, dan rasanya manis.serta memiliki kualitas terbaik di indonesia. Tak heran durian ini banyak di Minati.Pasarannya pun tidak hanya di wilayah sulteng,luar provinsi bahkan hingga ke pasar internasional.

Dari pantauan media Inipalu.com terdapat tumpukan durian di gudang penampungan buah durian yang berada di jalan Tagari Lonjo kecamatan Tatanga Kota Palu.

“Fresh Durian Nusantara ” Inilah yang memasok durian montong Sulawesi untuk di pasarkan kebeberapa daerah di indonesia.

Direktur Fresh Durian Nusantara Teguh Ferianto mengatakan pihak mengambil durian montong dari petani di Sulawesi Selatan dan juga wilayah Sulteng yaitu Parigi dan Poso. Dalam sebulan sekitar 50 sampai 80 Ton durian yang di pasok,yang kemudian di kemas menjadi frozen lalu dipasarkan ke luar provinsi di Indonesia.

“Setelah melalui proses pemilihan durian yang memiliki kualitas bagus, kami digudang juga melakukan proses pengemasan, jadi produk yang kami pasarkan ada Frozen, daging durian dan Durian utuh, ” Jelasnya.

Selain membeli durian hasil budidaya petani di Sulawesi Tengah, FDN juga melakukan pengembangan budidaya durian pada sejumlah tempat di daerah tersebut serta memberikan pembinaan kepada ratusan petani untuk menghasilkan durian berkualitas guna memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun mancanegara.

“Potensi pasar sendiri memang saat ini cukup bagus, apalagi kebutuhan pasar lokal” Kata Teguh.

Ditambahkan tiga tahun kedepan pihaknya bersama pemerintah setempat akan bekerjasama untuk menyiapkan lahan agar kebutuhan stok ekspor mencukupi.

“Untuk kebutuhan lokal kami masih fokus dibeberapa wilayah seperti provinsi jawa timur dan barat, sedangkan untuk eskpor ada di negara Jepang, China dan Singapura. ” Terangnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.