Kota Palu

Pemkot Palu Launching Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi

166
×

Pemkot Palu Launching Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM – Pemerintah Kota Palu dalam hal ini Wakil Walikota Palu dr. Reny A Lamadjido,  menghadiri acara Launching dan Diskusi Publik Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi (ALAKE) di Kota PaluPalu. Rabu(18/01/2023).

Peluncuran ALAKE  digagas The Asia Foundation dan Yayasan Sikola Mombine.

Dalam sambutan, Wakil Walikota Palu menyampaikan bahwa diantara 53 program prioritas pemerintah Kota Palu, yang berkenaan langsung dengan pemenuhan hak asasi warga kota khususnya terpenuhinya ruang perkotaan yang baik, aman dan nyaman dalam mainstriming pembangunan berkelanjutan.

“Ada beberapa Yaitu Program Palu Adipura, Palu Hijau dan bentuk program maupun pendanaan yang terkelola secara terinstristitusionalisasi.” Tuturnya.

Menurut Reni,Pelaksanaan Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi Di Kota Palu, telah dimulai dengan terbitnya Peraturan Walikota nomor 30 tahun 2022 tentang Penetapan Pagu Indikatif Kelurahan, diantara maksudnya yaitu mendorong inisiatif dari setiap kelurahan untuk saling berlomba menyajikan praktek dan implementasi program/kegiatan yang lebih bernuansa hijau dan konservasi.

“Dalam bingkai Palu Adipura dan Palu Hijau, yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada partisipasi warga mulai dari tahap perencanaan musrenbang hingga implementasi kegiatan, melalui lomba kelurahan mantap.” Tanbahnya.

Harapannya  praktek yang baru mulai di Kota Palu ini, bisa sebagai embrio cerita baik, sebuah praktek menyajikan contoh pembangunan yang baik dari daerah yang notabene memiliki ruang fiscal yang sempit namun bisa melakukan fasilitasi, asistensi dan promosi terhadap sebuah gerakan institusionalisasi insentif fiscal berbasis pembangunan hijau di kelurahan di Kota Palu.

Dialog publik kita hari ini sekaligus launching pelaksanaan alokasi anggaran kelurahan berbasis ekologi di Kota Palu, bisa sebagai wahana untuk terus menyepurnakan dilanjutkan dengan memberikan penguatan khususnya pada tingkatan kelurahan dan aparatur pemerintah Kota Palu.

“Sehingga visi jangka panjang pemerintah kota palu yaitu City For All atau kota untuk semua dapat benar-benar terealisir.” Katanya.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh pejabat dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Rino Rio Kent, Direktur Enveromental Governance Unit, The Asia Foundation Alam Surya Saputra, dan Andi Pangurisan Walinono dari Bappeda Kota Pare-Pare Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain itu hadir pula pejabat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng dan Pemkot Palu. ***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *