Berita Palu

Mudahkan Pelayanan KB, Wali kota Launching Program Kamis Palu  Ber-KB

153
×

Mudahkan Pelayanan KB, Wali kota Launching Program Kamis Palu  Ber-KB

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM– Wali Kota Palu Hadianto Rasyid melaunching program Kamis Palu ber-KB, Kamis (2/2/ 2023) di Aula Kantor Kecamatan Palu Selatan.

Wali Kota Palu mengapresiasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Palu yang telah memulai pelaksanaan Kamis Palu ber-kb.

Pelayanan dalam program ini akan dilaksanakan setiap hari Kamis pekan berjalan untuk memperkuat program Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana (bangga kencana) dan untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat.

Ruang lingkup pelayanan Kamis Palu ber-KB ini meliputi komunikasi, informasi, dan edukasi atau kie, konseling, dan pelayanan KB di masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

“Program ini bertujuan mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan Lansia yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu pada tiap kelurahan setiap hari Jumat.” Tuturnya.

Wali kota menjelaskan hakekat pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945 yakni pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat indonesia.

Hal ini melatarbelakangi terbitnya UU 52 tahun 2009 tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga adalah upaya untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas.

Pembangunan keluarga menurutnya bagian integral dari pembangunan budaya, sosial ekonomi bangsa yang tidak dapat dipisahkan dengan pembangunan sektor lainnya.

“Kamis Palu ber-KB yang menyasar PUS ini bertujuan untuk menurunkan tingkat kelahiran dengan cara penggunaan kontrasepsi secara berkelanjutan,”jelas wali kota.

Dengan begitu, nantinya sebut wali kota bisa meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera melalui pengendalian kelahiran dan pengendalian pertumbuhan penduduk indonesia khususnya Kota Palu.

Kemudian menciptakan penduduk yang berkualitas, sumber daya manusia yang bermutu, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. |

Di samping itu, Kamis ber-KB dari DP2KB ini juga guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB, sehingga meningkatkan capaian peserta KB aktif dan peserta KB baru.

Wali kota berharap dengan adanya inovasi ini, masyarakat Kota Palu dapat memanfaatkan pelayanan ini dengan baik.

Sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan ibu, anak, dan lansia, meningkatkan peran serta masyarakat, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat.

Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido,Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita, Kepala Dinas P2KB Sulteng Tuty Zarfiana, Kadis P2KB Kota Palu dr Royke Abraham, Camat Palu Selatan, Gunawan ikut hadir dalam launching tersebut (***).

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *