Berita Palu

Dukung Kota Layak Dan Ramah Anak, Kakanwil  Kemenkumham Dan LPKA Palu Optimalkan Pembinaan Anak

196
×

Dukung Kota Layak Dan Ramah Anak, Kakanwil  Kemenkumham Dan LPKA Palu Optimalkan Pembinaan Anak

Sebarkan artikel ini

 INIPALU.COM – Kepala Kantor Kementerian Wilayah  Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemekumham Sulteng) Budi Argap Situngkir  bersama Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu, Revanda Bangun Komitmen akan optimalkan pembinaan kepada Anak yang Berhadapan Hukum (ABH) di LPKA Palu guna mendukung Kota Palu Layak dan Ramah Anak.

Hal tersebut di utarakan saat menjadi narasumber di Program Pro1 Radio Republik Indonesia (RRI) Palu, Rabu(8/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Budi yang merupakan pimpinan tertinggi di Kanwil Kemenkumham Sulteng yang menaungi LPKA Palu menerangkan berbagai persoalan dan hambatan dari penanganan tren kasus hukum yang menjerat kelompok usia anak, ia pun mengatakan akan terus berupaya menghadirkan program yang mementingkan tumbuh kembang setiap anak, khususnya bagi para abh atau anak binaan di LPKA Palu.

“Banyak faktor yang melatarbelakangi anak berhadapan hukum, kami pun terus upayakan menghadirkan berbagai program-program yang dapat mendukung tumbuh kembang untuk setiap anak, dengan kepedulian dan perhatian itulah anak-anak ini dapat berubah kearah yang lebih lagi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga menegaskan bahwa pihaknya akan senantiasa berupaya memberi dukungan kepada Pemerintah Daerah setempat dalam mendukung segala program yang berkaitan dengan anak. Kata dia, dalam tujuan menurunkan jumlah kasus hukum terhadap anak, seluruh pihak mesti bergerak bersama.

“Pastinya kita terus berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan Komunitas Pemerhati Anak untuk menghadirkan program pembinaan didalam LPKA Palu hingga mencakup seluruh masyarakat. Kami pun terus berperan untuk menekan jumlah kasus terhadap anak, kami sangat berharap agar kasus anak cukup diselesaikan secara damai saja,” ungkapnya.

Senada, Revanda pun turut membeberkan berbagai program pembinaan di LPKA Palu, kata dia, dengan keterlibatan berbagai pihak khususnya Pemerintah Kota Palu dan Komunitas Pemerhati Anak, seluruh anak binaannya yang berjumlah 23 orang telah menuai hasil pembinaan yang sangat baik dibuktikan dengan beragam prestasi-prestasi hingga ke level nasional.

“Keberhasilan kami adalah keberhasilan Pemerintah Kota Palu juga, kerja sama kami sangatlah erat dalam mendukung tumbuh kembang anak, alhasil sudah banyak anak binaan kami yang berhasil menuntaskan pendidikannya dan yang terbaru anak binaan kami dapat berprestasi hingga ke tingkat Nasional pada kegiatan kepramukaan, ini akan terus kita lakukan untuk mendukung Kota ini sebagai Kota Layak Anak,” pungkas Revanda. ***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *