Membanggakan, Siswi An Nuur Buuts Palu Raih Medali Emas Penemuan Internasional

BERITA PALU285 Dilihat

 

INIPALU.COM– Tiga siswi Madrasah Tsanawiyah Terpadu An Nuur Buuts Palu Sulawesi Tengah berhasil meraih medali emas pada ajang lomba international Thailand Inventors Day (TID) 2023 yang dilaksanakan di Bangkok International Trade & Exhibition Center pada tanggal 02 – 06 Februari 2023.

Ketiga siswi itu yakni Fauzah Musfirah Musawir, Titi Mutia Imamah dan Putri Luthfia Rizal kelas VII MTS An Nuur Bukti.Mereka juga sebelumnya memenangkan lomba Inovasi Biologi pada ajang Indonesian and Innovation Promotion Association (INNOPA) tahun 2022 lalu. Atas raihannya ini, kedatangan mereka disambut haru oleh keluarga di sekolah.

Mereka meraih juara satu setelah menciptakan temuan yang diberi nama “Team Moss Acoustic Panels”. Alat ini menggunakan tumbuhan lumut sebagai bahan kedap suara dengan keunggulan produksi oksigen dalam ruangan.

Mereka berhasil mengalahkan ratusan partisipan dari 42 negara lainnya yang bahkan berasal dari kalangan doktor hingga Profesor.

Putri Luthfia Rizal menjelaskan ide awal ini muncul karena bisingnya lokasi disekitar daerah mereka. Setelah mendalami ilmu Biologi, dia bersama Fauzah dan Titi akhirnya berniat jadikan lumut sebagai salah satu inovasi menyerap kebisingan di dalam ruangan.

“Ide awalnya karena kita tahu sekitar kita banyak kebisingan seperti kendaraan bermotor, mesin dengan pembersih ruangan, jadi hal itulah yang menginovasi kami untuk bagaimana caranya meredam kebisingan itu, ” Jelas Putri,Jumat(10/2/2023).

Putri menuturkan inovasi yang ia buat bersama kedua rekannya dibuat selama tiga bulan. Dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan, membaca jurnal biologi dan membahas tentang tanaman lumut.

Alhasil usaha mereka tidak sia-sia , berkat kegigihan mereka mampu membawa nama harum Indonesia di ajang kompetisi dunia.

“Harapan kami kedepan inovasi kami bisa bermanfaat dan dapat diperjualbelikan. “Harapnya.

Nurhayati, ibu Titi Mutiadari mengaku bangga atas prestasi yang diraih buah hatinya. Apalagi mereka masih usia belia di bangku SMP tapi mampu menciptakan inovasi yang diakui di ajang Internasional.

“Kami betul-betul bangga dan tak menyangka mereka bisa mengharumkan nama baik Indonesia. Kami sebagai orang tua terus mendukung anak-anak dengan kegiatan yang bersifat bersifat positif dan bermanfaat seperti ini. ” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Yayasan An Nuur Buuts Palu, H. Limrah Lc. Mpd, mengungkapkan, siswa-siswinya sebelumnya memang selalu berprestasi di ajang kompetisi baik nasional maupun internasional.

Pihaknya, kata Limrah, telah tiga kali meraih juara di kejuaraan Internasional. Kendati begitu, raihan di Thailand tahun ini dirasa paling spesial karena mampu mengalahkan ratusan peserta dari puluhan negara.

“Bukan hanya ini kompetisi pesertanya dari siswa-siswi saja tapi ada mahasiswa, doktor, dan profesor,” katanya.

Dia mengapresiasi raihan yang diraih, Fauzah Musfirah Musawir, Titi Mutia Imamah dan Putri Luthfia Rizal, karena hasil jerih payahnya selama ini menuai hasil medali emas di ajang internasional.

Thailand Inventors Day merupakan kompetisi Internasional bidang penemuan di masa depan. Kompetisi tahunan untuk meningkatkan kreativitas serta daya cipta melalui kompetisi di bidang penemuan ini diselenggarakan The National Research Council of Thailand (NRCT), sejak tahun 1995.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *