Kota Palu

Balai Bahasa Sulteng Gelar Lomba Pidato Dan Dongeng Bahasa Daerah

205
×

Balai Bahasa Sulteng Gelar Lomba Pidato Dan Dongeng Bahasa Daerah

Sebarkan artikel ini

INIPALU. COM– Peringati Hari bahasa Ibu Internasional  21 Februari 2023,Balai bahasa Provinsi Sulawesi Tengah  menggelar lomba pidato dan dongeng Bahasa daerah Kaili tingkat pelajar SD dan SMP se-Kota Palu, yang digelar di Kantor Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Selasa, (23/2/2023).

Kegiatan dengan Tema Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 2023 adalah “Generasi Muda Bangga Berbahasa Daerah”Dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif .Dan diikuti sebanyak 52 Peserta pelajar SD dan SMP se-Kota Palu.

Asrif menuturkan  kompetisi   mendongeng dan berpidato menggunakan bahasa daerah ini  dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindungi dan mewariskan bahasa daerah kepada generasi penerus.

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kemampuan adik-adik dalam menjaga dan menggunakan bahasa daerah,” tuturnya.

Menurutnya, para peserta yang mengikuti lomba telah menunjukkan bahwa mereka tetap mencintai bahasa daerah, kebudayaan, dan suku masing-masing. Kepala Balai Bahasa juga mengapresiasi upaya guru pendamping dalam menjaga dan mengajarkan bahasa daerah kepada generasi muda.

“Menjaga bahasa berarti menjaga ikatan sosial, menjaga ratusan budaya di dalam bahasa itu, pengetahuan lokal, tradisi, adat istiadat, dan sebagainya. Untuk itu, tetap jadikan rumah sebagai pusat pembelajaran bahasa, guna bahasa secara aktif. Dengan begitu anak-anak akan belajar secara langsung,” pungkasnya.

Seperti diketahui, UNESCO menetapkan Hari Bahasa Ibu Internasional berdasarkan perjuangan berdarah bangsa Bangladesh dalam mempertahankan bahasa daerahnya sebagai bahasa negara pada 21 Februari 1952.***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *