Berita Palu

BPIP Gelar Akseptasi Indeks Aktualisasi Nilai Pancasila Ke Pemerintah Daerah

250
×

BPIP Gelar Akseptasi Indeks Aktualisasi Nilai Pancasila Ke Pemerintah Daerah

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM- Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar kegiatan Akseptasi Indeks Aktualisasi Nilai Pancasila ke Pemerintah Daerah.Bertempat di Hotel Best Western Coco PaluĀ  Kamis (2/3/2023).

Kegiatan ini dibukaĀ  langsung oleh Wakil Wali Kota Palu, dr.Reny A. Lamadjido, Kegiatan pembinaan tersebutĀ  diikuti oleh sejumlah perwakilan dari tiap-tiap OPD jajaran Pemerintah Kota Palu, yangĀ  digelar selama 2 hari terhitung sejak 3 sampai 4 Maret 2022.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota membeberkan bahwa sejak 2021, Pemerintah Kota Palu bersama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI telah menandatangani nota kesepahaman tentang pembinaan ideologi Pancasila di Kota Palu.

“Suatu kesyukuran bagi kita, tahun 2021 yang lalu, Pemerintah Kota Palu bersama BPIP RI telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pembinaan Ideologi Pancasila di Kota Palu,” beber Wakil Wali Kota Palu.

Indeks Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila (IAP) dimaksudkan untuk memperoleh gambaran-gambaran secara komprehensif tentang nilai-nilai pancasila, yang dilihat dari realisasi serta persepsi yang dibuat dalam bentuk indeks.

Adapun isi dari pembinaan ideologi Pancasila tersebut tertuang didalamnya penggalian mutiara Pancasila pada kearifan lokal, pembumian nilai-nilai Pancasila untuk ASN, pembelajaran non formal untuk organisasi kemasyarakatan, forum dan lembaga kemasyarakatan, organisasi sosial politik, serta komponen-komponen masyarakat lainnya.

Lanjutnya, dewasa ini Pancasila hanya menjadi sebatas wacana-teoretis yang masih kurang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu ia berpesan agar kiranya nilai-nilai dalam setiap sila Pancasila perlu menjadi rujukan untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam setiap sila semestinya menjadi rujukan bersama bangsa Indonesia untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Hadir pada pertemuan tersebut, Direktur Jaringan dan Pembudayaan Toto Purbiyanto,Ā  Kaban Kesbangpol Kota Palu H. Ansyar Sutiadi, , Kepala Bappeda Kota Palu Dra. Arfa, , Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP, Rahmad Mustafa, dan pejabat BPIP lainnya.***

IMG-20240115-WA0256

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini