BERITA SULTENG

Pohon Kurma Berbuah Lebat Di Sigi, Jadi Daya Tarik Warga Saat Ramadan

90
×

Pohon Kurma Berbuah Lebat Di Sigi, Jadi Daya Tarik Warga Saat Ramadan

Sebarkan artikel ini


Ā 

INIPALU.COM(Sigi)- Jika biasanya buah kurma tumbuh di negara Arab yang identik dengan buah kurma
Hal berbeda bisa dilihat di kabupaten sigi, Sulawesi Tengah. Tepatnya di Desa Oloboju.

Seorang warga Sigi memanen buah kurma yang di tanam sejak tahun 2009 lalu. Panen kali ini bertepatan saat bulan ramadan dan merupakan panen ke duanya.

Kamilin,warga Desa Oloboju Kabupaten Sigi ini menceritakan awal ia telah menanam kurma yang bibitnya didapat dari kurma yang dibelinya di swalayan.

“Awalnya saya hanya beli saya beli kurma kemudian saya tanam bibitnya, itu sekitar tahun 2009.sebelum gempa, belum ada yang berbuat. Nah setelah gempa jalan di perbaiki dan dibuat parit, tahun 2022 Agustus tepatnya awal kurma yang saya tanam berbuah. ” Jelasnya, Jumat (31/3/2023).

Kamilin pun mengaku tak menyangka selama lebih 10 tahun pohon kurmanya berbuah. tahun 2023 ini merupakan buah ke dua. Sebelumnya pada tahun 2020 lalu pohon kurma kamilin berbuah untuk pertama kalinya.

Bertepatan dengan bulan Ramadan, Kamilin pun merasa bersyukur dan berencana akan membudidayakan lagi pohon kurma di kebunnya.

“Alhamdulillah ini tahun kedua kurma saya juga berbuah, dan tepat di Bulan Ramadhan, ” Ujarnya.

Pohon Kurma yang berbuah, menurut Kamilin jadi daya tarik warga dan banyak masyarakat yang mengunggah di media sosial.

Warga yang tertarik dengan unggahan soal pohon kurma itu kemudian mengunjungi langsung rumah Kamilin. pohonnya terletak di pekarangan rumahnya.

Rosnawati salah satunya. Ia mengaku baru pertama kali melihat langsung pohon kurma berbuah.

“Biasanya kita hanya liat buahnya itu yang kita beli di toko atau titip dari teman yang biasanya ke mekkah, Tapi ini saya sangat senang bisa melihat langsung pohon dan buah kurma nya secara langsung, ” Ungkapnya.

Pohon kurma sendiri dikenal banyak hidup dan dibudidaya di wilyah timur tengah. Sementara di Indonesia ada beberapa lokasi yang mencoba budidaya pohon kurma ini. Untuk di Sigi baru pohon kurma Kamilin yang berbuah bertepatan saat bulan Ramadan.

Seperti diketahui Kurma menjadi salah satu buah yang favorit dikonsumsi saat bulan Ramadan. Karena selain memiliki rasa yang manis alami. Kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini