Kota Palu

BI Sulteng Bersama Dinas Koprasi dan UKM Sulteng Gelar Kurasi UMKM

132
×

BI Sulteng Bersama Dinas Koprasi dan UKM Sulteng Gelar Kurasi UMKM

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM – Sebagai rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Sulawesi Tengah tahun 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah bersama Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan kurasi produk UMKM Sulawesi Tengah.

Pembukaan kegiatan dilakukan pada Senin, 10 April 2023 bertempat di Best Western Coco Plus Hotel, Palu dan dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah Sisliandy, Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Richard Arnaldo, Perwakilan PT. Telkom Witel Sulteng, serta sejumlah instansi lainnya.

Kegiatan kurasi ini diikuti oleh 135 UMKM yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di wilayah Sulawesi Tengah dan didapatkan melalui proses pendaftaran dan pendataan yang mulai dilakukan sejak bulan Februari 2023.

Untuk mendapatkan hasil kurasi yang maksimal, juga dihadirkan 3 (tiga) kurator nasional yaitu Wignyo Rahadi untuk bidang fashion, Chef Haryo Pramoe untuk bidang food and beverages dan Ranti Kartakusuma untuk bidang craft.

Kurasi dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada 10 dan 11 April 2023 dengan metode luring dan daring.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan bahwa melalui kegiatan kurasi ini nantinya akan didapatkan produk-produk UMKM Sulawesi Tengah yang unggul serta mampu bersaing dalam kancah nasional.

“Kurasi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah berupa pengetahuan ataupun peningkatan kualitas produk UMKM. Dengan peningkatan kualitas produk UMKM, kedepannya diharapkan akan mampu menggerakkan perekonomian Sulawesi Tengah.” Dalam sambutannya.

 

Selain itu, Kadis Koperasi dan UKM Sulawesi Tengah Sisliandy menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak dalam penyelenggaraan kurasi ini.

 

“Terdapat empat sub sektor usaha yang menjadi fokus kurasi produk unggulan UMKM/IKM, yaitu sub sektor olahan pangan, sub sektor kerajinan, sub sektor IT, dan sub sektor fashion.” Kata Sisliandy.

Adapun Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia / Bangga Berwisata Indonesia 2023 di Provinsi Sulawesi Tengah akan mulai diluncurkan secara resmi pada tanggal 14 April 2023 mendatang yang ditandai dengan pelaksanaan kegiatan peluncuran yang dirangkai dengan pembukaan event Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023 bertempat di Taman GOR, Palu.***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *