Berita Palu

14 April 2023, BI Sulteng Gelar event Sulteng Ekonomi Syariah Expo

179
×

14 April 2023, BI Sulteng Gelar event Sulteng Ekonomi Syariah Expo

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM – Bank Indonesia terus mendorong transformasi ekonomi dan keuangan syariah (EKSyar) sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Transformasi EKSyar dilakukan secara optimal untuk berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Di Sulawesi Tengah sendiri, dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sejumlah langkah dan program telah dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya:

Program pemberdayaan ekonomi pesantren yang telah dilakukan di sejumlah ponpes seperti Program pengembangan usaha pembuatan roti di Ponpes Al Istiqomah Ngatabaru, Usaha air minum dalam kemasan pada ponpes Al Khairaat Madinatul Ilmi di Dolo, Sigi dan sejumlah program lainnya.

Akselarasi sertifikasi halal bagi UMKM melalui kerjasama dengan Kementerian Agama.

Program literasi ekonomi dan keuangan syariah kepada sejumlah kalangan seperti mahasiswa dan masyarakat umum.

Pengembangan komunitas UMKM Industri Kreatif Syariah (IKRA) yang nantinya akan diikutsertakan dalam sejumlah event pameran berskala nasional.

Selain sejumlah program tersebut, dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dan menyambut bulan suci Ramadhan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah juga akan menyelenggarakan suatu event dengan tajuk “Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023” pada tanggal 14,15, dan 16 April 2023 bertempat di taman GOR, Jalan Muhammad Hatta, Kota Palu.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan, dalam kegiatan ini nantinya akan berisi sejumlah rangkaian acara mulai dari Talkshow, pameran produk-produk UMKM khas Sulawesi Tengah, edukasi masyarakat, business matching, pojok kopi, serta sejumlah perlombaan dan games.

“Event ini juga menjadi salah satu rangkaian acara dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) Sulawesi Tengah 2023.” ujar Kepala BI Sulteng. Rabu (12/2023).

Selain itu kata Dwiyanto Cahyo Sumirat, Event Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023 akan dimulai dengan kegiatan pembukaan yang direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 14 April 2023, dimana nantinya kegiatan ini akan dirangkai dengan launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) / Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) Sulawesi Tengah 2023.

“Dalam kegiatan pembukaan ini nantinya akan hadir perwakilan Kementerian Kordinator Maritim dan Investasi, Kementerian KKP, Kementerian ESDM, Gubernur Sulawesi Tengah, sejumlah OPD, perwakilan perbankan, dan sejumlah undangan lainnya.” Katanya.

Sebagai guest star dalam event ini, juga dihadirkan pendakwah nasional, Ustadzah Oki Setiana Dewi yang nantinya akan mengisi talkshow dengan tema “Mengapa Harus Halal”.

“Dengan talkshow ini, diharapkan akan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya produk halal dalam kehidupan sehari-hari.” Terang Kepala BI Sulteng.

Sebagai rangkaian talkshow ini juga, 5 (lima) orang audiens terpilih akan mengikuti sesi buka puasa bersama guest star yang akan dilaksanakan setelah talkshow.

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, juga disediakan sejumlah pojok donasi dengan QRIS, dimana nantinya setiap pengunjung yang melakukan donasi berkesempatan untuk mendapatkan doorprize menarik yang telah disiapkan oleh panitia, mulai dari sepeda motor, TV, perlengkapan dapur dan logam mulia.

“Oleh karena itu, semakin banyak berdonasi, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan hadiah.”terang Dwiyanto Cahyo Sumirat.

Untuk membantu masyarakat mendapatkan sejumlah bahan pangan dengan harga murah, panitia juga menyediakan booth pasar murah yang akan menjual sejumlah kebutuhan pokok seperti telur, cabai dan beras dengan harga yang lebih murah.

Kemudian, untuk membantu UMKM mendapatkan literasi mengenai perbankan syariah dan sertifikasi halal, nantinya juga akan tersedia booth perbankan syariah dan pojok sertifikasi halal.

Di acara ini juga tersdia sejumlah booth yang menampilkan dan menjual berbagai aneka kreasi produk UMKM Sulawesi Tengah, mulai dari makanan/minuman, fashion, kerajinan dan sejumlah produk lainnya.

Para pengunjung juga dapat membeli berbagai aneka takjil di booth makanan/minuman yang tersedia di lokasi acara.

Para pecinta kopi juga tidak boleh melewatkan berbagai sajian kopi yang tersedia pada pojok kopi, selain itu untuk menambah pengetahuan tentang penyajian kopi juga akan ada bar take over yang diisi oleh Barista skala nasional asal Kota Palu. Event ini setiap harinya akan dimulai pada pukul 14.00 hingga 22.30 WITA.***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *