Kota Palu

Simpan nomor kontak 115 di Handphone anda

361
×

Simpan nomor kontak 115 di Handphone anda

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM- Andrias Hendrik Johannes Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu mengimbau kepada masyarakat agar menyimpan nomor darurat 115 milik. Basarnas Palu.

Hal tersebut disampaikannya saat a<span;>pel pembukaan siaga lebaran, di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu pada Kamis (13/4/2023).

Apel siaga khusus dilaksanakan sebagaimana seperti di tahun-tahun sebelumnya menjelang hari raya Idul Fitri. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya kondisi kedaruratan selama masa angkutan Lebaran.

“Saya harapkan kepada masyarakat untuk menyimpan nomor emergency call 115 Basarnas di ponsel untuk mengantisipasi agar saat membutuhkan layanan SAR agar menghubungi nomor tersebut dimana emergency call 115 merupakan layanan bebas pulsa,” ucapnya.

Menurut Andrias Hendrik Johannes siaga SAR Khusus dilaksanakan selama 20 hari, dimulai dari tanggal 13 April s.d. 3 Mei 2023.

Ia memprediksikan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 19 – 21 April 2023 sedangkan puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan pada tanggal 24 – 25 April 2023, dan gelombang kedua pada tanggal 30 April – 1 Mei 2023.

“Siaga SAR Khusus Lebaran merupakan agenda rutin yang kita laksanakan setiap tahun, namun demikian, tugas ini jangan hanya menjadi rutinitas yang monoton tetapi harus mampu menjawab potensi ancaman kedaruratan yang mungkin terjadi, terutama di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, ruas jalan tol, dan lokasi-lokasi pariwisata yang menjadi titik kumpul masyarakat,” ungkapnya.

“Untuk itu, agar menyiapkan seluruh sumber daya, baik personil maupun sarana-prasarana agar siap operasi mengantisipasi terjadinya kondisi darurat selama masa Angkutan Lebaran sesuai dengan prinsip pelayanan quick response of SAR,” tambahnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu yang dilibatkan berjumlah 87 orang baik personil yang berada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu maupun yang berada di Pos SAR dan unit Siaga SAR.

Sementara itu alut SAR yang digunakan dalam siaga SAR khusus mencakup alut SAR secara keseluruhan seperti kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, Rigid Implatable Boat (RIB) dan KN. SAR Bhisma yang saat ini bersandar di pelabuhan Luwuk dan akan mengcover wilayah Luwuk dan sekitarnya.

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *