Berita Palu

Pemda Diminta Selesaikan Sengketa Lahan Warga Dengan PT ANA

205
×

Pemda Diminta Selesaikan Sengketa Lahan Warga Dengan PT ANA

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM – Permasalahan sengketa lahan perkebunan sawit antara masyarakat Kabupaten Morowali Utara dengan PT Agro Nusa Abadi (ANA) hingga kini belum juga tuntas.

Warga pun meminta pemerintah daerah turun tangan dan membantu penyelesaian sengketa tersebut. Masing-masing saling menuding dan mengklaim sebagai pemilik lahan.

Sebenarnya Gubernur Sulawesi Tengah sudah mengeluarkan surat rekomendasi tentang solusi validasi dan verifikasi sengketa lahan PT ANA dengan masyarakat tertanggal 28 November 2022 lalu.

Tapi ternyata surat rekomendasi tersebut belum memberikan solusi yang tepat.

Terkait masalah itu, salah seorang tokoh masyarakat Morowali Utara, H Awaluddin meminta agar pemerintah daerah segera menyelesaikan permasalahan lahan antara masyarakat dengan pihak PT ANA.

Jika tidak, kata dia, hal itu nantinya bisa menimbulkan konflik.

‘’Masalah ini harus segera dituntaskan. Jika tidak, akan menimbulkan konflik di kemudian hari antara pihak perusahaan PT ANA dengan masyarakat,’’tandasnya.

Awaluddin mengakui sengketa lahan antara pihak PT ANA dengan masyarakat memang sudah lama terjadi. Upaya negosiasi antara kedua belah pihak sudah sering dilakukan, namun tidak pernah menemui titik terang atau kesepakatan.

Ia berharap agar sengketa lahan antara PT ANA dengan masyarakat segera tuntas sehingga tidak lagi mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

‘’Kami berharap masalah ini segera tuntas. Kami ingin situasi keamanan dan ketertiban di wilayah ini tetap terjaga dengan baik,’’pungkasnya.**

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *