Berita Palu

Dibuka Wali Kota Palu,Haul Guru Tua  Ke -55 Ditargetkan Capai 7 Ribu  Peserta

178
×

Dibuka Wali Kota Palu,Haul Guru Tua  Ke -55 Ditargetkan Capai 7 Ribu  Peserta

Sebarkan artikel ini

INIPALU. COM– Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid,  secara resmi membuka Festival Raodhah dalam rangka Haul Guru Tua ke-55 tahun 2023 pada Minggu, 30 April 2023 di Kompleks Alkhairaat Pusat, Kota Palu.

Festival Raodhah kali ini digelar selama empat hari sejak tanggal 30 April – 3 Mei 2023 M atau 9 – 12 Syawal 1444 H, dengan berbagai agenda seperti Haul Guru Tua, Malam Rauhah, Raodhah Islamic Stage.

Kemudian Pertemuan Abnaul Khairaat, Islamic Culinary Street Market, Lomba serta Eksebisi Pendidikan dan Seni Budaya Islam, Kunjungan Destinasi Wisata Religi, Islamic Book Fair, Pameran Sejarah Peradaban Islam Tanah Kaili, Islamic Creative Product, dan Bioskop Guru Tua.

Wali Kota Hadianto dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada abnaul khairaat, karena ini merupakan Festival Raodhah pertama yang Ia hadiri.

“Beberapa tahun lalu, kita diperhadapkan dengan Covid-19. Alhamdulillah kita bersyukur, Festival Raodhah tahun ini dapat dilaksanakan dengan meriah dalam rangka memperingati Haul Guru Tua yang jatuh pada tanggal 3 Mei 2023 ini,” katanya.

Menurutnya, Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua adalah seorang tokoh yang merupakan Waliyullah, sehingga sadar atau tidak sadar, ketika diceritakan tentang Sosok Guru Tua para pendengarnya akan terpanah.

Wali Kota berharap upaya yang dilakukan oleh Alkhairaat bersama Pemerintah Daerah, dapat membuka hati Pemerintah Pusat agar menetapkan Habib Idrus sebagai Tokoh Nasional.

Bagi masyarakat Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu, katanya tidak dapat dipungkiri kalau perubahan masyarakat yang sebelumnya begitu kuat paham animisme dan dinamismenya itu dapat berubah.

“Itulah yang telah diperjuangkan oleh Guru Tua. Semoga penetapan Habib Idrus sebagai tokoh nasional dapat diwujudkan,” ungkap Wali Kota.

Ia juga berharap, event tahunan yang dilaksanakan ini tidak hanya memberikan dampak terhadap ekonomi daerah, akan tetapi mengingatkan kembali masyarakat kepada sosok Guru Tua yang merupakan panutan masyarakat Sulawesi Tengah.

“Semoga event ini semakin menguatkan kita membawa kota ini yang semakin rahmatan Lil ‘alamin,” imbuhnya.

Sementara itu, peserta Haul Guru Tua ditargetkan tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dimana tahun lalu sebanyak 50.000an orang dan tahun ini ditargetkan sebanyak 70.000an orang.***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *