BERITA PALU

Wali Kota Ajak Abnaul Alkhairat Dukung Pemerintah Pusat Jadikan Guru Tua Sebagai Pahlawan Nasional

38
×

Wali Kota Ajak Abnaul Alkhairat Dukung Pemerintah Pusat Jadikan Guru Tua Sebagai Pahlawan Nasional

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM- Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid,  menghadiri langsung pelaksanaan Haul Guru Tua ke-55 pada Rabu, 03 Mei 2023 di Kompleks Alkhairaat Pusat, Kota Palu.

Haul pendiri Alkhairaat, Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua tersebut dihadiri ribuan umat Islam dari berbagai daerah di tanah air.

Dalam sambutannya, wali kota berharap bahwa kedepan Haul Guru Tua bisa kembali terlaksana lebih baik dari Tahun ini. Sebagai Pemerintah Kota Palu Hadianto juga terus mendorong pemerintah pusat untuk menetapkan Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri  atau guru tua menjadi pahlawan Nasional.

“Di momentum Pemerintah Kota Palu kepada¬† selalu ingin memuliakan guru tua,untuk terus mendorong pemerintah Pusat menjadikan Guru Tua sebagai pahlawan nasional, ” Ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Haul ke-55 Guru Tua, Habib Hasan Alhabsyi memperkirakan Haul Guru Tua tahun ini akan dihadiri sekitar 70 ribu Abnaul Khairaat atau alumni Alkhairaat.

Seperti pantauan di lapangan, para Abnaul Khairaat tersebut sudah memadati tenda-tenda yang disediakan panitia, sejak Subuh di Kompleks ALkhairaat, Jalan Sis Aljufri Palu.

Sebagaimana diketahui, Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, merupakan ulama sekaligus tokoh pejuang dalam bidang pendidikan agama Islam di Sulawesi Tengah.

Kehadirannya di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah sekitar tahun 1930 M silam, membawa dampak besar bagi pendidikan di daerah tersebut.

Hal ini terbukti dengan banyaknya lembaga pendidikan Alkhairaat yang berdiri baik di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Banggai, dan lainnya.

Haul Guru Tua diperingati setiap tahun, tepatnya di tanggal 12 Syawal tahun Hijriyah, yang tahun ini bertepatan dengan tanggal 3 Mei 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan berbagai rangkaian acara, salah satunya Festival Raodhah yang juga digelar di Kompleks Alkhairaat selama empat hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini