Kota Palu

Balai Bahasa Sulteng Gelar Festival Musikalisasi Puisi  SMA Sederajat Tingkat Sulteng

211
×

Balai Bahasa Sulteng Gelar Festival Musikalisasi Puisi  SMA Sederajat Tingkat Sulteng

Sebarkan artikel ini

INIPALU.COM-Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Festival Musikalisasi Puisi kepada Siswa SMA/SMK Tingkat Sulawesi Tengah bertempat di Auditorium RRI, Senin (29/5/2023).

Beberapa peserta yang ikut antara lain SMA GKST Tentena, SMAN Model Terpadu Madani Palu, SMAS Kristen GPID Palu, SMKN 3 Palu, SMAN Lembo, SMAN 2 Palu, SMAS Katolik Santo Andreas Palu, SMAN 1 Parigi, SMAN 1 Palu dan  SMKN 1 Banawa, disusul SMKN 1 Banawa, SMAN 4 Palu, SMAN 1 Torue SMKN 1 Simpang Raya Kabupaten Banggai dan SMAN 1 Moilong.

  Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng Asrul Ahmad menuturkan mengapresiasi dengan adanya  lomba musikalisasi Puisi.Menurtunya kegiatan ini dapat  menyalurkan minta bakat siswa untuk konsen pada bidang seni serta  ruang untuk berkreasi.

“Semakin banyak lomba seperti ini ,dapat  mengasah kreasi Siswa dalam hal seni” Ujarnya.

Menurutnya pemerintah mendukung program kegiatan  yang berhubungan dengan peningkatan pendidikan, Asrul berharap kedepannya kegiatan serupa terus dilakukan dan dikembangkan.

“Semoga kedepan festival musikalisasi tingkat Sulteng lebih banyak yang berpartisipasi dari berbagai Sekolah, mungkin tahun ini 15 tim, semoga tahun depan lebih banyak lagi” Ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Balai Bahasa Program Sulawesi Tengah, Dr Asrif menerangkan
Sasaran kegiatan festival musikalisasi puisi yakni diantaranya pelajar  SLTA terdiri  dari SMA, SMK, Ma, Negeri dan Swasta Se Provinsi Sulteng.

Dia menambahkan tim peserta tampil membawakan dua puisi puisi wajib dan puisi pilihan.Dengan beberapa juri yang berkompeten dibidangnya.

Asrif mengatakan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan minat apresiasi sastra terutama kepada generasi muda.

Asrif berharap melalui lomba ini, akan lahir para peminat sastra yang kelak menjadi sastrawan Sulawesi Tengah di masa depan, dan hal ini perlu disiapkan sejak dini, melalui generasi muda, yaitu siswa SMA.

“Insya Allah tahun depan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah akan berencana melaksanakan kegiatan seperti ini dengan lebih lebih terencana lagi, lebih baik lagi dan tentunya dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Berikut adalah daftar pemenang lomba musikalisasi puisi tersebut beserta hadiah uang tunai yang diterima oleh masing-masing juara:

Juara Pertama: SMAN 4 Palu – Hadiah uang tunai Rp 7 juta.

Juara Kedua: SMKN 3 Palu – Hadiah uang tunai Rp 6 juta.

Juara Ketiga: SMAN Model Terpadu Madani Palu – Total hadiah uang tunai Rp 5 juta.

Juara Keempat: SMKN 1 Banawa – Total hadiah uang tunai Rp 4 juta.

Juara Kelima: SMAN 1Lembo  – Total hadiah uang tunai Rp 3 juta.***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *