Berita Palu

Mantan Napiter Poso Bebas dari Lapas

259
×

Mantan Napiter Poso Bebas dari Lapas

Sebarkan artikel ini

POSO,- Mantan Napiter asal Desa Labuan, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso bernama Kholiq yang telah selesai dan dinyatakan bebas murni dari menjalani hukuman penjara di Lapas Kelas IIA Serang, Banten atas keterlibatannya dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

Kholiq ditangkap oleh pihak Kepolisian pada tanggal 31 Desember 2015 silam, satu rangkaian dengan penangkapan terhadap Asri Parakasi alias Asri alias Afi alias Papa Ipa yang juga asal Desa Labuan, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, kemudian menjalani proses hukum dan divonis hukuman pidana penjara selama 7 (tuju) tahun 3 (tiga) bulan, hal yang sama juga terhadap vonis hukuman pidana penjara yang diterima oleh Asri Parakasi, sedangkan Asri Parakasi ditahan di Lapas Boalemo, Gorontalo. Hukuman tersebut dijalani hingga Kholiq dan Asri Parakasi sama-sama bebas pada tanggal 06 April 2023.

Saat ditemui Kholiq menjelaskan bahwa, setelah bebas dari Lapas dirinya langsung kembali ke Desa asalnya dimana ia berdomisili yakni di Desa Labuan, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso.

Ia sudah berkeluarga memiliki istri dan seorang anak, namun belum memiliki rumah dan masih tinggal bersama kedua orang tuanya.

Kini sehari-harinya menjalani kehidupan dengan suasana baru dengan usaha rumah makan di Desa Labuan dengan menjual aneka makanan dan minuman yang tersedia yang dibantu oleh sang istri.

Hasil dari jualan makanan menurutnya cukup membantu terhadap kebutuhan keluarga.

Kemudian ia juga mengekspresikan bahwa, apa yang perna terjadi atas keterlibatannya dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) akan menjadikannya pengalaman serta pembelajaran untuk tidak melakukan tindakan itu lagi, ia juga menyadari apa yang ia perbuat merupakan tindakan yang salah dan melawan hukum, terlebih lagi merugikan diri sendiri dan juga keluarga, sehingga atas perbuatannya dimasa silam agar jangan diikuti dan dilakukan oleh masyarakat.

Lanjut dari itu ia juga mendedikasikan, saya akan selalu menjadi bagian dari NKRI dan juga mendukung program pemerintah serta pihak Kepolisian dalam menjaga keamanan untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kab. Poso yang kini sudah semakin kondusif./(*)

IMG-20240115-WA0256

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini