BERITA

Timsel Sulteng Serahkan 4 Nama Calon Anggota Bawaslu Sulteng Ke Bawaslu RI

56
×

Timsel Sulteng Serahkan 4 Nama Calon Anggota Bawaslu Sulteng Ke Bawaslu RI

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, ā€“ Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah telah mengumumkan 4 nama terpilih hasil dari tes kesehatan dan tes wawancara. Selanjutnya nama-nama tersebut juga telah diserahkan langsung Tim Seleksi kepada ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Senin (19/06/2023).

Selain menyerahkan 4 nama hasil seleksi, Tim Seleksi juga menyerahkan laporan akhir pelaksanaan seleksi calon anggota Bawaslu Sulteng periode 2023-2028 sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan seleksi yang telah dimulai sejak pertengahan bulan April tahun 2023 lalu.

PODCAST PALU

ā€œEmpat nama yang telah diumumkan oleh Tim Seleksi selanjutnya akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan untuk memilih 2 nama terpilih menjadi anggota Bawaslu Sulteng untuk periode 2023-2028ā€kata tavip ketua tim seleksi bawaslu Sulteng.

Sebelumnya tahapan seleksi dimulai dengan pengumuman tim seleksi terpilihi calon Anggota Bawaslu Sulteng pada tanggal 24 Maret 2023 yaitu Mohammad Tavip, Intam Kurnia, Nurhayati, Rusmawati BTE Rusdi dan Supriyadi. Dalam rapat pleno pertama kali diselah pembekalan tim seleksi di Jakarta, Mohammad Tavip terpilih menjadi ketua dan Intam Kurnia menjadi Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Sulteng.

Kemudian pengumuman tahapan seleksi bakal calon anggota Bawaslu Sulteng dimulai pada tanggal 12 April 2023. Dan berlanjut ke tahapan penerimaan pendaftaran yang dimulai sejak tanggal 17 April hingga 3 Mei 2023. Pada hari terakhir pendaftaranĀ  total ada 32 berkas yang masuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota Bawaslu Sulteng.

Tim Seleksi kemudian membuka masa perbaikan berkas selama 3 hari dimulai dari tanggal 4-6 Mei 2023. Kemudian Tim Seleksi melakukan perpanjangan pendaftaran disebabkan karena dari total pendaftar tidak mencukupi kuota pendaftar perempuan sejumlah 30% sehingga perpanjangan pendaftaran khusus diumumkan pada tanggal 8 Mei dan penerimaan berkas berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 9-11 Mei 2023.

Tim Seleksi kemudian mengeluarkan pengumuman hasil penelitian berkas administrasi pada tanggal 17 Mei 2023. Total ada 28 peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dan terdapat 5 orang diantaaranya dinyatakan tidak lulus dengan rincian, 2Ā orang tidak memenuhi syaratĀ umur saat mendaftar, 1 orang tidak memenuhi kelengkapan administrasi, 1 orang ditemukan merupakan anggota partai politik sertaĀ 1 orang mengundurkan diri.

Selanjutnya 28 peserta mengikuti tahapan tes tertulisĀ dan tesĀ psiologi.Ā Tes tertulis sendri dibagi kedalam dua jenis soal yaitu pilihanĀ ganda berbasis SistemĀ ComputerĀ Assisted TestĀ (CAT) dan Essay. Lokasi tes dilaksanakan di UPT BKN Palu jalan Bantilan nomor 20, Kota PaluĀ pada tanggal 22 Mei tahun 2023. Setelah itu, 28 peserta kemudian mengikuti tes Psikologi yang dilaksanakan tanggal 24 Mei 2023 bertempat di Grand City Hotel, jalan Sam RatulangiĀ  Kota Palu.

Dalam pelaksanaan tes, Bawaslu RI sebagai penyelenggara seleksi menjalin kerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat dan Kepolisian Republik Indonesia. Hal ini dilakukan agar penilaian Anggota Bawaslu Provinsi dapat terstandar dari satu provinsi ke provinsi lain. Tim Seleksi sebagai pelaksana di daerah bertugas untuk mengkoordinasikan dengan pihak-pihak tersebut terkait dengan tempat pelaksanaan tes, syarat serta hal-hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tes.

Pada tanggal 2 Juni 2023, Tim Seleksi kemudian mengumumkan 8 nama calon anggota Bawaslu Sulteng terpilih yang lulus tes tertulis dan tes psikologi. 8 nama tersebut merupakan peserta dengan nilai tertinggi hasil penilaian gabungan antara tes tertulis dan tes psikologi.

Delapan (8) peserta calon anggota Bawaslu Sulteng kemudian mengikuti rangkaian tes Kesehatan di Bidokes Polda Sulteng tanggal 5 Juni dan tes wawancara di ruang serba guna RV Villa Syariah pada tanggal 7-8 Juni 2023. Dan tahap akhir seleksi yaitu pengumuman 4 nama hasil tes Kesehatan dan tes wawancara pada tanggal 14 Juni 2023.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini