PEMKOT

Warga Palu Perdana Sholat Sholat Idul Adha Di Halaman Kantor Wali Kota

65
×

Warga Palu Perdana Sholat Sholat Idul Adha Di Halaman Kantor Wali Kota

Sebarkan artikel ini

Palu- Pemerintah Kota Palu menggelar pelaksanaan ibadah Salat Idul adha 1444 H / 2023 M pada Kamis, 29 Juni 2023.

Berbeda dengan biasanya, Pemerintah Kota Palu kali ini menyelenggarakan Salat Id di halaman Kantor Wali Kota Palu.

PODCAST PALU

Hal tersebut dikarenakan, kondisi Lapangan Vatulemo yang biasa digunakan, sedang dalam tahap renovasi dan ditargetkan selesai tahun 2024 mendatang.

Hadir langsung dalam Salat Iduladha yakni Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM, dan pejabat lainnya.

Pada Salat Iduladha 1444 H kali ini, yang bertindak selaku Khatib adalah Dr. H.S. Ali Hasan Aljufri, Lc.,M.A selaku Pimpinan Pesantren Alkhairaat Madinatul Ilmi.

Sementara imam adalah Drs. KH. Ahmad Asse, M.Pd.I selaku dosen tetap pada Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

Dalam khutbahnya, khatib secara garis besar menyampaikan tentang peristiwa sejarah Kurban pada zaman Nabi Ibrahim AS.

Pada saat itu, pengorbanan di luar nalar manusia, yakni melalui isyarat mimpi Nabi Ibrahim AS, diperintahkan agar menyembelih putra kesayangannya, Nabi Ismail AS.

“Kita sering mendengar kisah Nabi Ibrahim. Tapi jarang mendengar peran Nabi Ismail dan ibundanya,” ujar khatib.

Ia menyebut bahwa Nabi Ismail bagaikan sosok lautan, dari manapun didatangi, maka akan mendapatkan pelajaran yang berharga.

Dalam perintah Kurban yang turun kepada Nabi Ibrahim ini, Nabi Ismail diberi gelar sebagai orang yang menepati janji.

“Menepati janji karena dengan sabar dan tabah untuk menjalankan perintah Allah SWT untuk disembelih ayahnya. Saat itu, Ismail yang baru berumur 13 tahun dengan tegas memenuhi janjinya dan menyerahkan diri secara total, tidak ada keraguan,” ungkap khatib.

Khatib menjelaskan, dari sikap menepati janji yang dicontohkan oleh Nabi Ismail ini, sebagaimana yang diperintahkan dalam Al-Qur’an.

Dimana pada QS. Al- Isra’ ayat 34 dikatakan “Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya.”

Pada Hari Raya Iduladha 1444 H kali ini, Bagian Kesra Setda Kota Palu melaporkan bahwa Hewan Kurban dari Pemerintah Kota Palu antara lain sebanyak 495 ekor Sapi dan 53 ekor Kambing.

Hewan Kurban tersebut sudah termasuk dari Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE, Wakil Wali Kota Reny Lamadjido, Sekkot Irmayanti, dan seluruh pejabat yang ada di Pemerintah Kota Palu.

Seluruh hewan Kurban sudah disebar di kelurahan-kelurahan, Masjid-masjid, dan Hunian Sementara (Huntara) yang ada di wilayah Kota Palu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini