Suara Politika

‘Uji Nyali’ Anak Para Pesohor Sulteng di Politik 2024

3652
×

‘Uji Nyali’ Anak Para Pesohor Sulteng di Politik 2024

Sebarkan artikel ini

Penulis : Rony Sandhi- Junalis di Kota Palu

JELANG tahun politik 2024 sejumlah anak pesohor yang juga politisi berpenguruh di Sulawesi Tengah mencoba bagaimana vibesnya ketika masuk dalam kontestasi politik.

Sejumlah nama anak muda yang ingin mencoba ‘uji nyali’ di ranah politik pada pemilihan calon legislatif di antaranya, Moh Anugrah Pratama. Anak muda yang merupakan putra sulung dari pasangan elite DPP Nasdem Ahmad M Ali dan Nilam Sari Lawira.

Kedua orang tua Moh Anugrah Pratama adalah pesohor dan tokoh politik di Sulteng, ayahnya Ahmad Ali politisi yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem ini juga merupakan anggota DPR RI dari Dapil Sulteng.

Ibunya Nilam Sari Lawira kini menjabat sebagai ketua DPW Partai NasDem Sulteng yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Sulteng.

Dengan latar belakang keluarga dedengkot politisi di Sulteng tentu akan memberikan pengaruh besar dalam niat dan dorongan anak muda ini ingin mencoba dunia politik pada jalur Pileg 2024.

Nama besar kedua orangtuanya akan dipertaruhkan Moh Anugrah Pratama.

Selain kedua orangtuanya dan sejumlah politisi senior dan berpengalaman sekelas ketum DPP NasDem Surya Paloh menjadi guru sekaligus panutan politik dalam mempersiapkan dirinya maju dalam kontestasi politik Pileg 2024 mendatang.

Dari sisi popularitas Moh Anugerah Pratama tentu dikenal selain karena anak pesohor tokoh politik, tentu karena cirkelnya di organisasi, teman nongkrong, keluarga besarnya dan beckup dari basis massa pendukung kedua orangtuanya juga akan mempengaruhi.

Ditambah lagi finansial sebagai modal juga sangat diperlukan dalam politik dalam mendukung branding dan bantuan-bantuan sosial di masyarakat di dapilnya.

Moh Anugerah Pratama tercatat akan maju Pileg DPRD Kota Palu Dapil 1 Palu, yakni Palu Timur- Mantikulore.

Selain Moh Anugerah Pratama ada juga anak pesohor lainnya yang juga akan menikmati pesta demokrasi Pileg 2024 mendatan, adalah Rico Andi Tjatjo Djanggola.

Rico sapaan akrabnya merupakan putra dari pasangan pesohor dan tokoh politik Sulteng Longki Djanggola dan Zalzulmida Aladin.

Ayah Rico adalah Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng, mantan Bupati Parigi Moutong, Mantan Gubernur Sulteng dua periode. Sedang ibunya merupakan anggota DPRD Sulteng.

Rico yang diketahui berprofesi sebagai pengusaha ini, juga memilih maju pada kontestasi Pileg 2024 mendatang dengan daerah pemilihan Kota Palu Dapil 1 Palu, yakni Palu Timur- Mantikulore.

Rico Andi Tjatjo Djanggola sebagai anak pesohor tentu pengaruh nama besar orangtuanya juga patut diperhitungkan.

Cirkelnya di organisasi, teman nongkrong, keluarga besarnya ditambah lagi beckup dari basis massa militan kedua orangtuanya yang sudah lama dibangun juga akan mempengaruhi popularitas maupun elektabiltasnya nanti.

Kalau soal finansial tentu juga tidak bisa diragukan sebagai modal politiknya.
Kedua anak pesohor ini dua-duanya akan berebut kursi di DPRD Palu di dapil yang sama Dapil 1 Palu, Palu Timur- Mantikulore.

Kehadiran kedua anak muda yang melekat nama besar kedua orangtuanya, tentu selain berharap basis massa dari pendukung orangtuanya juga akan mengandalkan basis suara anak milenial, yang konon memiliki potensi 20 persen penyumbang suara pada Pileg 2024.

Selain itu hadirnya mereka dalam perhelatan Pileg 2024 mendatang bisa menjadi hal yang perlu diwaspadai Caleg Incumbent.

Ini bisa jadi ancaman basis massa Caleg Incumbent di Dapil 1 Palu, Palu Timur- Mantikulore, apakah bisa bertahan untuk periode selanjutnya atau terpental dengan kehadiran caleg-caleg pendatang baru.

Para caleg incumbent dan caleg-caleg baru tentu akan mempersiapkan strategi jitu masing-masing untuk bisa merebut hati pemilih mereka.

Selain dua putra mahkota pesohor tokoh politik yang akan ikut ‘uji nyali’ di Pileg Kota Palu, ada nama lain yang juga putra dari pesohor tokoh politik di Sulteng yang akan maju dalam pemilihan anggota DPD RI atau senator daerah pemilihan Sulteng yakni, Abchandra Muhammad Akbar Supratman.

Anak muda usia 24 tahun, kelahiran Kota Palu 1 Oktober 1998 itu memantapkan diri maju sebagai calon senator untuk daerah pemilihan Sulawesi Tengah pada Pemilu 2024 mendatang dan percaya diri akan bisa merebut simpati suara kaum milenial.

Selain karena usianya juga muda, Abchandra yang merupakan putra dari pesohor politisi Supratman Andi Agtas. Ayahnya adalah anggota DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Tengah yang menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Sekali lagi nama besar orangtua sebagai tokoh politik yang telah membuktikan bisa berada di politik tingkat nasional, tentu akan menjadi salah satu ‘amunisi’ dukungan Abchandra. Basis massa pemilihan orangtuanya bisa jadi juga akan menjadi jalan untuk menopang suaranya. Soal modal finansial politik juga banyak pihak yang tak meragukannya lagi.

Kehadiran Abchandra Supratman Andi Agtas dalam daftar Calon Senator pada kontestasi politik 2024 mendatang juga menjadi ancaman bagi senator incumbent, jika tidak kuat pada basis massa sebelumnya bisa direbut calon senator pendatang baru.

Beberapa anak-anak para pesohor yang masuk dalam lingkaran politik tentu juga sudah siap dalam “uji nyali’ intrik politik, hitam putih politik, mempersiapkan mental mewakili dan menjawab janji-janji kepada rakyat yang akan memilihnya.

Karena politik yang selama ini mereka belajar dari guru terdekat mereka yakni, pengalaman politik orangtua mereka masing-masing adalah masih sebatas teori.

Walaupun demikian, semua kembali kepada publik yang akan menilai siapa wakil mereka yang layak mereka dudukan di parlemen. Apakah nanti bisa benar-benar bisa mewakili aspirasi dan sesuai ekspektasi selama 5 tahun menjabat./***

IMG-20240115-WA0256

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini