Kota Palu

Muhammad J Wartabone Ziarah ke Makam Ulama dan Tokoh Sulteng dalam Perayaan Tahun Baru Islam

272
×

Muhammad J Wartabone Ziarah ke Makam Ulama dan Tokoh Sulteng dalam Perayaan Tahun Baru Islam

Sebarkan artikel ini

Palu- Ketua Umum Pengurus Besar Persaudaraan Indonesia Berzikir (PB PIB), Muhammad J Wartabone, bersama Majelis Taklim Wanita Sholawat Indonesia melakukan ziarah makam sejumlah tokoh dan ulama di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu, pada Rabu, 19 Juli 2023.

Kegiatan ziarah ini merupakan bagian dari peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Rute  ziarah dimulai dengan kunjungan ke makam tokoh Muhammadiyah dan pendiri Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, H Rusdy Toana, yang berada di halaman masjid Unismuh, Jalan Hang Tuah. dengan  berdoa bersama, mengadakan tahlil, dan berzikir.

Kemudian  melanjutkan perjalanan ke makam Dato Karama di Jalan Rono, Palu Barat. Dan Ziarah berakhir di makam Pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri (SIS Aljufri), yang berada di kompleks Alkhairaat.

Rombongan melakukan tahlil, zikir, dan menyampaikan sholawat. Ziarah ditutup dengan melaksanakan shalat Asar berjamaah di Masjid Alkhairaat, Jalan SIS Aljufri, Palu Barat.

Muhammad J Wartabone mengatakan  bahwa tujuan dari ziarah ini adalah untuk memperkenalkan tokoh dan ulama Sulawesi Tengah kepada masyarakat Indonesia secara umum.

” Kenapa kita lakukan ini, karena tahun baru hijriah ini adalah awal Mula tonggak berdirinya islam. Kita ingin masyarakat Sulteng bahwa Di Sulawesi Tengah sendiri terdapat 68 ulama yang berpengaruh sehingga itu mengapa, Sulawesi Tengah dijuluki sebagai Serambi Haramain.”ujarnya.

Wartabone juga menambahkan bahwa ziarah hari ini hanya mencakup sebagian kecil dari banyaknya makam tokoh dan ulama yang ada di daerah tersebut.

“Ini hanya sebagian sebagian kecil yang kami lakukan untuk menghormati para ulama dan tokoh yang memiliki peran di Sulteng, kedepan kami akan menjadi agenda rutin kami melakukan ziarah seperti ini, ” Ujarnya.

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *