Kota Palu

Resmi Dilantik, 3 Sektor Unggulan Kabupaten Parigi Moutong ini Siap di “GE-BER & GER-CEP” HIPMI Parimo & PEMDA Parimo

431
×

Resmi Dilantik, 3 Sektor Unggulan Kabupaten Parigi Moutong ini Siap di “GE-BER & GER-CEP” HIPMI Parimo & PEMDA Parimo

Sebarkan artikel ini

Bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Kabupaten Parigi Moutong.

Pelantikan, Diklatcab & Forum Bisnis 2023, Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Parigi Moutong digelar.

Rangkaian kegiatan BPC HIPMI Parimo tersebut di mulai pukul 08 Pagi sampai dengan pukul 18.00 Wita.

Dihadiri para pengusaha muda dari seluruh penjuru Kabupaten Parigi Moutong.

Event HIPMI Parimo ini mengusung tema :
“Gerak Cepat HIPMI Bersama PEMDA Parigi Moutong, Dalam Optimalisasi Potensi dan Peluang Investasi Dalam Meningkatkan Perekonomian Kabupaten Parigi Moutong Berbasis Potensi Lokal”.

HIPMI adalah organisasi independen non partisan para pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Organisasi ini didirikan pada tanggal 10 Juni 1972 dengan penggagas para pengusaha muda di masa tersebut, seperti Abdul Latief, Siswono Yudo Husodo, Teuku Sjahrul, Datuk Hakim Thantawi, Badar Tandi, Irawan Djajaatmadja, Hari Sjamsudin Mangaan, Pontjo Sutowo, dan Mahdi Diah.

Pendirian organisasi dilandasi oleh semangat berwirausaha para pemuda Indonesia. Dengan adanya organisasi ini, para pengusaha muda berharap agar jiwa dan semangat menjalankan usaha bisa terus tumbuh.

HIPMI ingin menempatkan pengusaha sebagai salah satu motor penggerak perekonomian negara. Dengan demikian, salah satu tujuan HIPMI adalah mendorong jiwa kewirausahaan, membina, mengembangkan, dan memajukan pengusaha muda Indonesia.

Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Parigi Moutong Masa Bhakti 2023 – 2026 resmi dilantik oleh Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Provinsi Sulawesi Tengah Nadir Bajammal.

Pelantikan BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong ini di hadiri oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Sekretariat Daerah, Kabupaten Parigi Moutong, Abd. Aziz A.M. Tombolotutu, S.I.Kom, Ketua Pengadilan Negeri Parigi Yakobus Manu, S.H., Perwakilan Kodim 1306-08 Nyoman Arnaya.

Serta Rombongan dari BPD HIPMI Sulawesi Tengah, Ketum BPD HIPMI Sulteng, Nadir Bajammal, Sekretaris Umum BPD HIPMI Sulteng, Sekum Lala, Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian BPD HIPMI Sukteng, ESDM, Raymond Lamin, Wakil Sekretaris Umum BPD HIPMI Sulteng, Wasekum Safwan.

Pelantikan seluruh pengurus BPC HIPMI Parigi Moutong ini dengan mengucapkan ikrar Pelantikan / Pengukuhan Pengurus HIPMI serta penandatanganan Berita Acara Pelantikan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Parigi Moutong yang di tanda tangani Ketum Ridwan dan Ketum Nadir Bajammal disaksikan oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Sekretariat Daerah, Kabupaten Parigi Moutong, Abd. Aziz A.M. Tombolotutu, S.I.Kom, yang mewakili Bupati Kabupaten Parigi Moutong dengan memberikan paraf pada Berita Acara tersebut.

Selanjutnya dilakukan prosesi penyerahan Pataka dari Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Provinsi Sulawesi Tengah Nadir Bajammal, Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong, Moh. Ridwan Hi. Nontji, S.E,. M.B.A.,

Usai menerima Pataka BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong dari Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Provinsi Sulawesi Tengah Nadir Bajammal, Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong, Moh. Ridwan Hi. Nontji, S.E,. M.B.A., memberikan Sambutan.
Dalam sambutannya, Ketum Ridwan menyatakan Pengurus BPC HIPMI Parimo yang dilantik ini siap bekerja dan memajukan HIPMI Parigi Moutong.

Kabupaten Parigi Moutong memiliki luas wilayah 6.231,85 Ha, panjang Garis Pantai ± 472 Km, terbentang dari Desa Maleali Kecamatan Sausu Sampai Desa Sejoli Kecamatan Moutong. Memiliki 23 Kecamatan, 278 Desa dan 5 Kelurahan.

Harapan Ketum Ridwan kedepan, Bukan hanya untuk memajukan HIPMI di Parigi Moutong, juga akan mengembangkan peta potensi dan peluang investasi berbasis lokal yang ada di Sulawesi Tengah khususnya Parigi Moutong.

Dalam kepengurusan bergabung Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Parigi Moutong, diantaranya ada dari BUMN, yakni Branch Manager Garuda Indonesia Palu, Pak Muhammad Iqbal, S.E., yang dipercaya jadi Ketua bidang Perhubungan dan BUMN, dari BNI 46 Cabang Parigi Ibu Normawati Abd. Karim B, S.E., yg menjabat Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan,
Area Sales Manager PT. Anugrah Argon Medika, pak Ketua Marthin Tri Cahyono, S.Farm.,Apt., menjadi Ketua Kompartemen Industri Kesehatan pada BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong.

PT Anugrah Argon Medica (AAM) merupakan perusahaan distribusi produk farmasi, alat kesehatan dan produk kesehatan global.
Ikut bergabung dalam kepengurusan HIPMI Parimo, ada Branch Manager Bank Syari’ah Indonesia (BSI) Parigi, Pak Norkholish Umasugi, S. Pd., sebagai Ketua Kompartemen Keuangan Syari’ah BPC HIPMI Parimo.

Ketum Ridwan menambahkan, ada yang istimewa di kepengurusan BPC HIPMI Parimo periode 2023-2026 ini.

Ketum Ridwan menggandeng Putra I Ketut Kari, Pengusaha yang memiliki 27 Hektar Perkebunan Durian Montong yang berada di Desa Ogorandu, Kecamatan Bolano Lambunu sebagai Wakil Ketua Umum HIPMI Parimo.

Karena Ketum Ridwan Menilai I Made Angga Artawan pantas mewakilinya karena dalam transformasi bisnis ayahnya, sosok I Made Angga Artawan lah yang berperan aktif dalam. Kesuksesan Ayahnya. Sosok muda yang enerjik pantas untuk jadi Pengusaha Muda Kabupaten Parigi Moutong dan siap berjaya di tingkat Nasional dan dunia. Untuk membawa Durian Montong Parigi Moutong ke kanca internasional.

Ketum Ridwan juga memperkenalkan Sekretaris Umum (Sekum) BPC HIPMI Parimo, Muhammad Auliah Rahman, S.I.Kom., Pengusaha Muda pemilik Usaha Toko Bangunan Perdana Bangunan dan seorang Eksportir. Punya segudang pengalaman Menggarap Infrastruktur Bangunan dan lagi fokus bersama Ketum Ridwan akan serius menggarap Sabuk Kelapa (Coco Fiber).

Ketum Ridwan juga memperkenalkan sosok Bendahara Umumnya, yang dipercaya memegang posisi Bendahara Umum (Bendum) BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong, yang juga dipercaya Ketum Ridwan Sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan Pelantikan, DIKLATCAB dan Forum Bisnis 2023 BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong, Olga Silviaafnira, S.Pd.

Semoga dengan bergabungnya pak Ketua bisa memberikan support terhadap teman teman UMKM dan Pengusaha Lokal dalam meningkatkan Perekonomian sektor UMKM, Pertanian, Pariwisata, Logistik, Kelautan dan Perikanan, dll.

HIPMI Parigi Moutong tumbuh dan berdaya bersama Garuda Indonesia.
Menutup sambutannya, Ketum Ridwan mengajak Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong untuk diikut sertakan dalam membangun dan memajukan daerah kabupaten Parigi Moutong kedepan, sehingga hadirnya HIPMI jadi kekuatan besar Mitra strategis pemerintah Parimo dalam memenangkan persaingan global dan merebut pangsa pasar seluruh komoditi unggulan Parimo, dan menjadi salah satu penyangga Komoditi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

Semoga pada Rapat Kerja Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Parigi Moutong yang akan di gelar beberapa bulan kedepan, akan ada MOU kerjasama antara Pemda Parimo dengan HIPMI Parimo.

Sambutan kedua disampaikan Ketua Umum HIPMI Sulteng, Nadir Bajammal mengatakan dirinya cukup berbangga dengan dilantiknya HIPMI Parigi Moutong, dirinya berharap seluruh pengurus terutama ketua umum HIPMI Parigi bisa jalan dan majukan UMKM dan perekonomian di Parigi Moutong tercinta.

Dimana HIPMI merupakan rumah dan juga sekolah bagi Pengusaha muda mari bekerja agar HIPMI lebih maju dan berkembang, jangan menunggu, kejar agar HIPMI Parigi Moutong dan Pemerintah Daerah bisa bergerak bersama.

Nadir Bajammal menambahkan, “Jadikanlah HIPMI sebagai sarana Pendidikan dan Relasi karena orang orang besar terlahir dari HIPMI dan besar di HIPMI. ”

Sambutan Bupati Kabupaten Parigi Moutong, H. Samsurizal Tombolotutu, dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Parigi Moutong, Abd. Azis Tombolotutu., menyatakan ayo maju bersama dengan pemerintah Parigi Moutong untuk memajukan perekonomian serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Mari buka peluang dan berkolaborasi dengan seluruh unsur yang bisa memajukan Parigi Moutong.

Selesai digelar Pelantikan Ketum dan Pengurus BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong, HIPMI Parimo melanjutkan sesi Acara Forum Bisnis ( Forbis) yang menghadirkan 2 Tokoh berpengaruh di Pemerintahan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Parigi Moutong, Bapak Fit Dewana, S.STP., M.A.P., dan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Irwan, SKM., M.Kes.

Fit Dewana, S.STP., M.A.P. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Parigi Moutong di Forum Bisnis BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong dalam paparannya tentang Peta Potensi dan Peluang Investasi di Kabupaten Parigi Moutong melakukan beberapa langkah strategis dalam kebijakan Penanaman Modal untuk mendukung upaya untuk menarik minat berinvestasi di Kabupaten Parigi Moutong yaitu :

1. Meningkatkan kualitas SDM dan Optimalisasi ketersediaan sarana prasarana pendukung penyelenggaraan pelayanan.
2. Optimalisasi pengendalian pelaksanaan Penanaman Modal.
3. Meningkatkan pelayanan perizinan dan non perizinan.
4. Meningkatkan Promosi potensi daerah yang didukung ketersediaan data peluang investasi.
5. Menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Kemudahan investasi di kabupaten Parigi Moutong :
1. Penyederhanaan dan Percepatan Pemberian Izin melalui dinas DPMPTSP.
2. Penyediaan data informasi peluang investasi.
3. Fasilitasi penyediaan lahan lokasi.
4. Bantuan teknis melalui OPD Trknis terkait.
5 Fasilitasi Sertifikasi/Standarisasi produk sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.
6. Pemberian Kemudahan akses tenaga kerja siap pakai terampil melalui Dinas NAKERTRANS.
7. Pemberian kemudahan Akses pasokan dan Distribusi bahan baku dan pendukung.
8. Fasilitasi Promosi sesuai dengan kewenangan daerah.

Data Realisasi dan Investasi Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2022 sebagai berikut :
Realisasi Investasi (PMA) 6.423.698.851,-
Realisasi Investasi (PMDN) 149.127.135.412,-
Jumlah Investasi (PMA) 650.337.630.046,-
Jumlah Investasi (PMDN) 3.552.288.330.046,-
Jumlah Tenaga Kerja (PMA) 2.335 Jiwa.
Jumlah Tenaga Kerja (PMDN) 5.865 Jiwa.
Jumlah Perusahaan (PMA) 13 Perusahaan.
Jumlah Perusahaan (PMDN) 196 Perusahaan.

5 Komoditi Unggulan Kabupaten Parigi Moutong yakni :
1. Padi
Luas Lahan 65.047,60
Produksi 345.941,60
2. Kelapa Dalam
Luas Lahan 29.469,00
Produksi 36.771.191,00
3. Bawang
Luas Lahan 105,60
Produksi 1.106,62
4. Jagung
Luas Lahan 14.575,60
Produksi 60.027,26
5. Durian.
Luas Lahan 2.083,00
Produksi 305.419,00

Irwan, SKM., M.Kes., Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, di Forum Bisnis BPC HIPMI Kabupaten Parigi Moutong dalam paparannya tentang rencana pembangunan daerah Kabupaten Parigi Moutong di 2024, di fokuskan pada 3 sektor yaitu Sektor Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata.
Irwan menambahkan, pemerintah Daerah kabupaten Parigi Moutong akan Meningkatkan nilai tambah dari sektor unggulan seperti melabel Parigi Moutong dengan Durian.
Dalam 1 tahun ada permintaan 150 kontainer dari Singapura.
Kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong mendorong agar per 1 Desa itu bisa ditanami 200 pohon Durian dilahan 2 Hektar, sehingga dalam setahun jika pohon Durian tersebut sudah berproduksi, bisa mendapatkan hasil 2 Milyar.
Sektor Perikanan menjadi menarik dan menjadi fokus pemerintah karena wilayah Parigi Moutong itu memiliki garis pantai kurang lebih 472km² sehingga potensial tambak modern jadi prioritas utama karena terdiri dari ribuan hektar tambak modern yg produktif.
Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong mendukung program Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk membuka Jalan langsung Tambu – Kasimbar. Jalur ini dibuat khusus untuk kegiatan mobilisasi logistik.
jalur Tambu-kasimbar sebagai penghubung wilayah timur dan barat dalam rangka memudahkan akses perdagangan, yang tidak hanya menguntungkan Donggala dan Parigi Moutong, namun memberikan dampak terhadap ibu kota Sulteng serta daerah-daerah terdekat lainnya. Karena, pemerintah Sulteng juga akan membangun dermaga Tambu wilayah Pantai Barat Donggala yang aksesnya langsung menuju Kalimantan Timur.
Jalur Kasimbar akan menghubungkan ke Maluku, Maluku Utara dan Gorontalo.
Sedangkan Jalur Tambu akan menghubungkan ke jalur IKN (Kalimantan) dalam waktu 8 Jam.
Dengan adanya Jalur ini diharapkan dapat memudahkan distribusi logistik.

Dalam Forum Bisnis Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Parigi Moutong tersebut, BPC HIPMI Parimo, DPMPTSP Parim dan BAPPELITBANGDA Parimo berkomitmen akan melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan mengajak HIPMI Parimo menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong kedepan dengan fokus prioritas kolaborasi di 3 sektor Unggulan Daerah yakni Sektor Pertanian, Sektor Perikanan dan Sektor Pariwisata.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Parigi Moutong, Fit Dewana menawarkan HIPMI Parimo untuk mengelola Sentra Industri Kecil Menengah (Sikim), sentra pengolahan Kelapa-kelapa yang diolah menjadi kopra putih, minyak VCO, dan briket yang terletak di Desa Avolua, Kecamatan Parigi Utara.
Fit Dewana menambahkan, Jika HIPMI Parimo serius mau, tinggal di MOU-kan dan dengan harapan agar kedepan dapat memberikan kontribusi PAD untuk daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam Pendidikan dan Pelatihan Cabang Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Parigi Moutong, hadir sebagai Pemateri yaitu 2 tokoh penting dalam struktur HIPMI Sulawesi Tengah, yakni Sekretaris Umum BPD HIPMI Sulteng, Akmal Rochadi Al Asroory (Sekum Lala) dan Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan Kelembagaan (OKK) BPD HIPMI Sulteng, Rusli.
Sekum Lala memberikan materi tentang sejarah dan tujuan perjuangan HIPMI.
Dan Kabid OKK Rusli membawa materi soal manajemen organisasi dan jenjang karir HIPMI baik di tingkat cabang dan daerah dan menjelaskan bagaimana mekanisme peraturan organisasi HIPMI di Cabang dan Daerah./(**)

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *