SUARA POLITIKA

KPU Sulteng Tekankan Peserta Pemilu Laporkan Dana Kampanye Melalui Aplikasi SIKADEKA

30
×

KPU Sulteng Tekankan Peserta Pemilu Laporkan Dana Kampanye Melalui Aplikasi SIKADEKA

Sebarkan artikel ini

 

Palu- Komisi KPU Sulteng menggelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye ( Sikadeka) Pemilu 2024 di Kantor KPU Sulteng pada Kamis, (16/11/2023).

Bimtek yang digelar olehĀ KPU SultengĀ diikuti oleh partai politik peserta pemilu serta calon DPD RI atau perwakilannya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulteng Christian A Oruwo, mengatakan Sikadeka merupakan aplikasi yang digunakan untuk melaporkan dana kampanye oleh peserta pemilu, baik partai politik maupun calon legislatif.

“Ini merupakan bagian dari transparansi yang .
diwajibkan untuk melacak dan mengawasi penggunaan dana kampanye secara terbuka dan jelas kepada publik. Hal ini juga membantu menghindari penyalahgunaan dana kampanye serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan pemilu yang berlaku.”Jelasnya

Christian menambahkan peserta yang tidak melaporkan dana kampanye akan dikenakan sanksi pembatalan.

“Apabila tidak Tidak melaporkannya bisa menyebabkan konsekuensi hukum atau diskualifikasi sebagai calon terpilih., ” Tambahnya

Christian berharap bimtek Sikadeka peserta pemilu lebih paham dan menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU untuk melaporkan dana kampanye di aplikasi Sikadeka.

“Batas pelaporan berakhir sehari sebelum memasuki masa kampanye tepatnya tanggal 27 November 2023,” Katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *