Politika

KPU Kota Palu Mulai Lipat  Kotak Suara Pemilu 2024

170
×

KPU Kota Palu Mulai Lipat  Kotak Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Palu – Komisi Pemilihan Umum Kota Palu Mulai melakukan Pelipatan Kotak Suara  Pelipatan tersebut dilakukan di Gedung Olah Raga (GOR) Siranindi.Senin (18/12/2023).

“Pelipatan kotak suara dimulai pada pukul 11.00 WITA. Pelipatan dimulai dari kotak suara daerah pemilihan (dapil) 3, dan perakitan kotak suara dilakukan berdasarkan kelurahan. Setelah dilakukan perakitan kotak suara berbasis kelurahan, kotak suara akan disusun sesuai TPS dan diberikan tanda pembatas., “Ujar Ketua KPU Kota Palu, Idrus.

Hal itu ditujukan untuk memudahkan Panitia Pemungutan Suara (PPS), tenaga pelipat dan penyortir saat memasukkan surat suara dan kebutuhan surat suara lainnya.

Menurutnya dilakukan pelipatan kotak suara akan dilanjutkan secara simultan untuk pelipatan surat suara yang telah masuk. Diawali dengan pelipatan surat suara DPD RI, kemudian Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Pelipatan dimulai dari Kecamatan Palu Selatan dengan buruh sebanyak 8 orang. Sore hari nanti akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa banyak kotak suara yang dapat dilipat dalam jangka waktu tersebut,” Ujarnya.

Untuk hari ini kata Idrus merupakan simulasi awal,  berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk melakukan pelipatan dalam tempo berapa jam. Karena KPU Kota Palu menargetkan pelipatan akan dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu.

Selain itu, Idrus mengatakan, KPU Kota Palu juga akan melakukan pengecekan kembali terhadap setiap kotak suara yang telah dan akan dilipat. Selain itu, akan dilakukan pemantauan berkala terhadap kondisi kotak suara yang telah dilipat setiap pukul 17.00 WITA setiap harinya.

” Nantinya, perlengkapan lainnya akan dimasukkan ke dalam kotak suara namun sebelumnya akan dibungkus dalam kemasan plastik,” tuturnya.

Dalam waktu 1 jam, total surat suara yang telah dirakit berjumlah 175 buah kotak suara. Sementara itu, total keseluruhan kotak suara yang akan dirakit berjumlah 5.376 buah kotak suara.

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *