Berita Palu

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus SAKA SAR Tingkat Daerah Sulteng

97
×

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus SAKA SAR Tingkat Daerah Sulteng

Sebarkan artikel ini

Palu-Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Tengah, Vera Rompas Mastura melantik dan mengukuhkan pengurus Satuan Karya (SAKA) SAR Sulteng priode 2023-2028  bertempat di Hotel Bestwestern Kota Palu, Rabu (27/12/2023)

Saka SAR merupakan satuan karya pramuka yang menjadi wadah kegiatan serta pembinaan kompetensi dan kecakapan hidup peserta didik gerakan pramuka dalam rangka peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan bakti masyarakat para anggota gerakan pramuka dalam bidang pencarian dan pertolongan. Pembentukan SAKA SAR merupakan gagasan bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Dalam pelantikan dan pengukuhan turut dihadiri oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) Sulteng yaitu Bapak Gubernur Prov. Sulteng, Kwarcab Kota Palu, Kwarcab Sigi, Saka Bhayangkara Polres Palu dll.

H. Rusdy Mastura, Gubernur Sulawesi Tengah yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) dalam sambutannya mengatakan saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh pengurus SAKA SAR Palu yang telah dikukuhkan dan dilantik pada hari ini. Semoga pengurus dapat segera bergerak dan berkarya dengan mengaktualisasikan peran dan aspek pencarian dan pertolongan Kemanusiaan.

Satuan karya SAR sebagai suatu pendidikan keterampilan bagi anak didik kita penegak, pandega sangat penting guna memberikan bekal dan ilmu pengetahuan bagi mereka bagaimana cara mencari, menolong dan menemukan serta menghadapi bahaya dalam musibah pelayaran, penerbangan dan atau bencana dan musibah lainnya.

“Saya mengajak kepada kita sekalian, mari kita tingkatkan dan galakkan kegiatan satuan karya guna memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan bagi peserta didik kita sesuai dengan minat dan bakatnya,” tutur Rusdy Mastura.

Sementara itu, Andrias Hendrik Johannes usai dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing SAKA SAR dalam sambutannya mengatakan jika terbentuknya satuan karya SAR dibawah naungan Kantor Pencarian dan Pertolongan berdasarkan surat dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam bidang Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan sesuai dengan program kerja Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dan tindak lanjut nota kesepahaman Basarnas dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan maksud untuk melakukan pembinaan potensi SAR bagi anggota gerakan pramuka salah satunya melalui satuan karya pramuka SAR.

Harapan saya, selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menginginkan kerjasama semua pihak untuk memajukan kepramukaan di Sulawesi Tengah salah satunya memajukan satuan karya pramuka yang selalu berinovasi dalam melakukan pola pembinaan dipangkalan dan bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan satuan karya pramuka yang lain yang berada di Sulawesi Tengah.”terang Andrias.

Adapun pengurus yang dilantik dan dikukuhkan yaitu Andrias Hendrik Johannes selaku ketua Pembimbing daerah SAKA SAR, Pimpinan SAKA SAR, Muhammad Syahran Laturua, beserta anggota sesuai dengan bidang kepengurusan  masing-masing.

IMG-20240115-WA0256

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini