LIPUTAN KHUSUS

Diduga WNA Modali Tambang Emas Ilegal di Hutan Lindung Buol

×

Diduga WNA Modali Tambang Emas Ilegal di Hutan Lindung Buol

Sebarkan artikel ini

AKTIVITAS tambang emas ilegal kini muncul di kawasan hutan lindung di Desa Bodi, Kecamatan Palele Barat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Diduga, tambang ini dimodali oleh Warga Negara Asing (WNA) dan telah beroperasi sejak satu minggu yang lalu.

Mobilisasi alat berat yang sering melintasi daerah pemukiman warga Desa Bodi untuk kebutuhan tambang ilegal tersebut menimbulkan keresahan di kalangan warga.

“Sejak beberapa hari terakhir, sudah ada beberapa alat berat yang mengarah ke kawasan hutan lindung di bagian atas desa, atau yang biasa disebut daerah durian,” ungkap Mohamad Appang, salah seorang warga Desa Bodi, pada Minggu (21/7/2024) malam.

Appang menyatakan telah mempertanyakan aktivitas tersebut kepada aparat desa, namun mereka juga tidak mengetahui siapa pemilik lokasi tambang tersebut.

“Ini menjadi tanda tanya, sebab tidak mungkin ada izin tambang di atas kawasan hutan lindung,” tambahnya.

Dari data yang diperoleh, kawasan tambang ilegal tersebut merupakan milik Riska, warga Desa Buol. Riska diketahui sebagai orang kepercayaan dari WNA yang mendukung modal untuk aktivitas tambang di kawasan tersebut.

Hingga saat ini, pihak Polres Buol belum memberikan tanggapan terkait aktivitas tambang ilegal ini. Namun, warga berharap agar pihak Reskrim Polres Buol segera mengambil tindakan tegas./*

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *