SAVE-20240427-160835
Berita Palu

AHY Serahkan Sertifikat Tanah Bagi Penyintas Petobo di Sulteng

1263
×

AHY Serahkan Sertifikat Tanah Bagi Penyintas Petobo di Sulteng

Sebarkan artikel ini

PALU,- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melakukan kunjungan kerja ke Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Minggu (28/04/2024), dalam upaya penyerahan sertifikat hasil dari program strategis Kementerian ATR/BPN.

“Sertifikat pertama yang diserahkan, yakni kepada warga terdampak bencana likuefaksi Kota Palu yang menempati Hunian Tetap (Huntap) di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu,” ujar Menteri AHY.

SAVE-20240427-160835

Dalam kunjungannya, Menteri AHY menyoroti keberhasilan program Konsolidasi Tanah yang menghasilkan 655 sertipfikat bagi warga terdampak bencana. Program ini tidak hanya menyelesaikan sengketa dan konflik di kawasan tersebut, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Terdapat tiga hal menarik dari pelaksanaan Konsolidasi Tanah yang dilakukan di kawasan Huntap Kelurahan Petobo ini,” lanjutnya.

“Ketiga hal tersebut mencakup penyelesaian sengketa dan konflik di kawasan tersebut, mengedepankan partisipasi aktif dari masyarakat, serta penyediaan tanah untuk kepentingan umum yang dimanfaatkan untuk pembangunan Huntap.” paparnya.

Selain itu, kegiatan Konsolidasi Tanah ini menjadi jalan penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan di Kelurahan Petobo. Melalui program ini, 74 hektare tanah diselesaikan dengan menyediakan 26 hektare yang diperuntukkan bagi Tanah Pembangunan (TP) untuk Huntap warga terdampak bencana.

“Sertifikat diserahkan secara door to door ke beberapa rumah warga,” jelas Menteri AHY.

“Selain itu, saya juga menandatangani prasasti yang menandai suksesnya kegiatan penyediaan lahan melalui Konsolidasi Tanah bagi warga terdampak bencana Palu.” katanya.

Tidak hanya bagi warga terdampak bencana, kegiatan Konsolidasi Tanah juga berhasil menghasilkan sertifikat bagi Pemerintah Kota Palu dan Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang menjadi fasilitas di kawasan Huntap.

“Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan sertifikat tanah wakaf dan aset bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,” tambah Menteri AHY.

Adapun sertifikat yang diserahkan mencakup Sertifikat Wakaf Masjid Pakuli Utara dari Kabupaten Sigi, Sertifikat Hak Pakai Gereja Desa Omu dari Kabupaten Sigi, Sertipikat Hak Pakai Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Donggala, Sertipikat Hak Pakai Pemerintah Kabupaten Donggala, dan Sertifikat Hak Pakai bagi Kementerian Perhubungan yang diperuntukkan bagi Bandara Palu Mutiara.

Menteri AHY juga melakukan peninjauan kantor dan penanaman bibit pohon jambu air madu deli hijau diikuti dengan ramah tamah bersama jajaran Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah./*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *