Menu

Mode Gelap

Berita Sulteng

TMMD Kodim 1306/Kota Palu Perkuat Infrastruktur Jembatan Gantung di Bambasiang, Palasa

badge-check


					TMMD Kodim 1306/Kota Palu Perkuat Infrastruktur Jembatan Gantung di Bambasiang, Palasa Perbesar

PARIMO,Sulteng – Komandan Kodim 1306 Kota Palu, Kolonel Inf Rifan Rembudito Rivai, didampingi Letkol Inf Jufri (Pabung Parimo), secara langsung meninjau pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Bambasiang. Program ini bertujuan memperkuat infrastruktur di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, salah satunya adalah pemasangan bronjong dan normalisasi sungai sebagai langkah mitigasi erosi dan perkuatan jembatan gantung.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menjaga stabilitas jembatan dan memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat dalam beraktivitas,” ujar Kolonel Rifan saat ditemui di lokasi proyek, Senin (7/10/2024).

Salah satu fokus kegiatan TMMD ini adalah pemasangan bronjong, yang bertujuan menahan laju erosi di tepi sungai yang mengancam stabilitas jembatan. Langkah ini penting untuk memperkuat fondasi jembatan agar aman digunakan masyarakat. Dengan panjang jembatan gantung sekitar 100 meter dan lebar 3 meter, serta normalisasi yang berukuran panjang 6 meter dan lebar 4 meter, pengerjaan ini melibatkan kerja sama antara personel TNI dan warga sekitar.

Sebanyak 50 orang, terdiri dari 20 personel TNI dari Kodim 1306 dan puluhan warga setempat, bekerja bergotong-royong. Mereka memulai dengan penyiapan material bronjong, penggalian tebing sungai, hingga pemasangan bronjong yang diisi dengan batu kali untuk memperkuat strukturnya.

Hasil dari pemasangan bronjong ini terlihat jelas. Stabilitas jembatan gantung di Bambasiang meningkat signifikan, dan diyakini risiko erosi yang sebelumnya mengancam akan berkurang drastis. Masyarakat setempat merasa diuntungkan oleh hasil kegiatan ini, terutama karena jembatan tersebut merupakan akses penting dalam mendukung aktivitas harian mereka.

Pengerjaan ini tidak hanya memperkuat infrastruktur fisik, tetapi juga memperkuat ikatan antara TNI dan masyarakat dalam membangun daerah yang lebih tangguh. Kolonel Rifan menekankan bahwa TMMD bukan hanya soal pembangunan infrastruktur, tetapi juga tentang sinergi dalam membangun ketahanan masyarakat.

“Kita bangun bukan hanya fisik, tetapi juga mental dan semangat gotong royong di masyarakat,” tambahnya.

Dengan rampungnya proyek ini, masyarakat Bambasiang kini dapat merasa lebih aman dalam beraktivitas melintasi jembatan tersebut. Pemasangan bronjong oleh TMMD Kodim 1306 berhasil memperkuat infrastruktur di wilayah ini, yang menjadi simbol nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam upaya membangun daerah yang lebih tangguh dan aman./**

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Ahmad HM Ali Siap Ubah Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tengah Jadi Tempat Menginap

18 Oktober 2024 - 02:33 WITA

DLH Sulteng, Sosialisasi Implementasi Proyek Perubahan Strategi Mewujudkan Pembinaan dan Pengawasan Lingkungan Hidup Kolaboratif Berbasis Sistem Informasi Terintegrasi

17 Oktober 2024 - 06:09 WITA

Anwar Hafid Janjikan Pengurangan Pengangguran di Sulteng dengan 9 Program Unggulan

10 Oktober 2024 - 03:31 WITA

KB Gratis dan Penyuluhan Stunting Jadi Fokus TMMD ke-122 di Parigi Moutong

8 Oktober 2024 - 04:17 WITA

Balai Bahasa Gelar Forum Pelayanan Publik: Evaluasi dan Perbaikan Layanan Kebahasaan

30 September 2024 - 13:20 WITA

Trending di Berita Sulteng