Berita Palu

Ratusan Personel Madago Raya Di Poso Diberi Pendampingan Psikologi

3436
×

Ratusan Personel Madago Raya Di Poso Diberi Pendampingan Psikologi

Sebarkan artikel ini

INIPALU. COM(POSO) -Sebanyak seratus personel Kepolisian yang tergabung dalam Satgas Madago Raya yang bertugas di Poso diberikan pendampingan oleh Biro Psikologi SSDM Polri berkolaborasi dengan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulawesi Tengah.Pendamping dipusatkan di Pos Kotis Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir  Kamis 9 Maret 2023.

15 personel Polri sebagai fasilitator. Terdiri dari personel Biro Psikologi SSDM Polri 7 orang, personel Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulawesi Tengah 5 orang, dan personel SDM Polres Poso 3 orang.

Pendampingan diberikan  untuk memberikan perawatan terhadap kondisi kesehatan mental psikologis personel Satgas Madago Raya di wilayah operasi.Agar meningkatkan kinerja personel sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih optimal.

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala tim Pendampingan Psikologi, Kabag Psipol Ropsi SSDM Polri, Kombes Pol Cucuk Trihono,  dengan didampingi Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng Kompol Akhmad Kunaefi Muarif.

Personel Satgas yang mendapatkan pendampingan juga diberikan keterampilan praktis dalam mengelola kompetensi psikologi, yang didampingi langsung Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Sulawesi Tengah, Kompol Robi Utomo.

Salah satu metode yang diberikan yakni dukungan psikologi melalui sentuhan, pemberian perhatian, olah rasa, dan terapi psikologi atau Support Psi, dilakukan berdasarkan hasil pemetaan untuk menangani sumber stres yang dapat berasal dari tekanan, baik dari organisasi, pekerjaan, individu, atau lingkungan, sehingga kepada personel bisa dibimbing untuk mewujudkan pengelolaan stress pada diri masing-masing untuk mengelola stress atau coping stres.

“Pengelolaan sumber stres melalui coping stres yang baik akan mewujudkan kesehatan mental yang prima sehingga akan menghasilkan kerja yg hebat,” ujar Kombes Pol Cucuk Trihono,

Selain untuk pemeliharaan kesehatan mental,pendampingan psikologi juga dilakukan untuk memelihara kondisi psikologi personel dalam masa operasi supaya tetap semangat sampai masa penugasan selesai.***

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *