Kota Palu

Pemkot Palu Libatkan 133 Mahasiswa Jadi Fasilitator Kelurahan Cantik

83
×

Pemkot Palu Libatkan 133 Mahasiswa Jadi Fasilitator Kelurahan Cantik

Sebarkan artikel ini

 

PALU – Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Pettalolo melaksanakan dan Serah Terima 133 Mahasiswa Fasilitator Kelurahan Cantik Statistik dan Pendamping UMKM Untad.

Di 24 Kelurahan yang tersebar di empat Kecamatan. Yaitu Kecamatan Mantikolore, Kecamatan Palu Timur, Kecamatan Tatanga, dan Kecamatan Palu Selatan. Di Ruang Bantaya Kantor Wali Kota Palu. Senin, 26 Februari 2024.

Mahasiswa ini akan menjadi fasilitastor Kelurahan cantik (Cinta Statistik). Dan akan bertugas selama 6 bulan terhitung sejak Februari – Juli 2024.

Irmayanti Pettalolo mengungkapkan dengan adanya Mahasiswa ini, Pemerintah Kota Palu akan sangat terbantu. Karena program ini bersinergi dengan program dari pemkot yaitu percepatan satu data.

“Pemerintah kota palu masih menghimpun data terkait Cinta statistik untuk mengindentifikasi. Kami butuhkan, perceptan perwujudan kelurahan cantik,” kata Irmayanti.

Dia menambahkan hal tersebut di karenakan Kemampuan terbatas yang ada di miliki kelurahan. Dan karena banyaknya pegawai yang memiliki usia pension, sehingga masih gagap dengan elektronik.
“Kita harapkan bisa membantu 4 kecamatan dan kelurahan untuk mengidentifikasi dan menginterventarisi. ini memudahkan kepada masyarakat. Jadi memang ini di butuhkan,” tambah Irmayanti.
Di akhir sambutannya, Irmayanti berpesan untuk camat dan lurah. Agar bisa manfaatkan mahasiswa yang magang sesuai dengan ilmu untuk melakukan identifikasi. Seperti berkompetisi merancang kelurahan. Mengisi dengan data dan informasi yang tepat. Serta menyesuaikan dengan tampilan yang menarik.
“Silahkan memperbaiki tampilan. Tetapi data harus benar dan dapat di percaya. Karna waktu mereka hanya 6 bulan,” ungkapnya.
Dia juga meminta agar mahasiswa bisa memanfaakan dengan baik saat turun di masyarakat. Untuk melakukan interaksi ke masyarakat.
“Kesempatan ini baik untk belajar, untuk mahasiswa,”ujarnya.
Ditempat yang sama Kadis Kominfo Kota Palu Usman, meminta lurah agar bisa membimbing mahasiswa magang. Seluruh rangkaian bimbingan dari BPS Kota Palu sebagai pembina data.
“Ini adalah kader-kader pemuda yang membantu pemerintah. Kalian harus membantu teman di kelurahan. Semoga dalam perjalanan berlangsung dengan baik,”
Sementara itu, Fungsional Statistik Ahli Madya BPS Kota Palu I Ketut Dibia mengatakan BPS Kota Palu bertugas sebagai pendamping saja. Nantinya mahasiswa ini akan bertugas mengumpulkan data untuk menyusun profil masing-kelurahan. Misalnya data sumber daya alam, sosial, ekonimi dan semua yang termuat dalam profil kelurahan.
“Nanti jika mereka berhasil menyusun data. akan diperluas untuk perbaikan website di kelurahan masing-masing,” kata I Ketut. (*)
Kegiatan tersebut di hadiri Dekan Untad Fak Ekonomi M.Ikbal, Asisten 1 Moh Rizal, BPS, Lurah dan Camat.

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *