Ruang Publik

Adipura yang Diraih Kota Palu Berbeda dengan Adipura Parimo dan Morowali, Begini Penjelasan Walikota Palu

94
×

Adipura yang Diraih Kota Palu Berbeda dengan Adipura Parimo dan Morowali, Begini Penjelasan Walikota Palu

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid. (FB. HADIANTO RASYID)

PALU – Perolehan piala Adipura yang diterima Kota Palu adalah penilaian kategori kota sedang, yang artinya penilaiannya secara keseluruhan wilayah yang ada di Kota Palu. Berbeda dengan penilaian Adipura yang didapatkan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dan Kabupaten Morowali. “Berbeda penilaiannya, kalau kita di Palu penilaiannya secara menyeluruh wilayah Kota Palu, sementara Parimo hanya kota Pariginya saja, begitu juga dengan Morowali hanya kota Morowalinya saja yang dinilai,” ujar Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dikutip dalam wawancara di kanal YouTube @soalpalu, Selasa (12/3/2024).

Hadianto mengungkapkan, terkait bersih-bersih yang dilakukan di Kota Palu, bukan semata-mata karena Adipura, sebagai ibu kota sebuah keharusan untuk bisa membentuk wajah ibu kota semestinya. Bahwa ibu kota itu harus bersih, harus tertib, harus rapi, dan semua itu harus dipenuhi. Hadianto mencontohkan, jika tidak menambah armada sampah, bagaimana bisa mengangkut sampahnya ? Sedangkan dengan ketersediaan armada saat ini yang sudah sekitar 100 unit, itupun belum mampu mencover dengan baik pengangkutan sampah.

Hadianto juga menyinggung terkait dengan padat karya, yang sudah ada sebelum dia menjabat sebagai walikota dan saat ini mencoba menaikkan kualitasnya dengan harapan para peserta padat karya dapat didorong pendapatan ekonomi keluarga mereka. “Dengan memberikan insentifnya juga diharapkan dapat maksimal mendukung Kota Palu yang bersih,” ujarnya.

Untuk menjaga kebersihan Kota Palu, Pemkot Palu sudah memiliki akun lapor walikota, bisa melaporkan jika ada yang membuang sampah dengan sembarangan. “Dengan aplikasi lapor walikota masyarakat Kota Palu bisa memanfaatkannya untuk menyampaikan berkaitan dengan pelayanan, maupun terkait masalah kebersihan,” ungkap Hadianto Rasyid. **

IMG-20240313-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *