BERITA SULTENG

Dorong Literasi Digital, Diskominfosantik Palu Bina Siswa Madrasah Bermedia Sosial

×

Dorong Literasi Digital, Diskominfosantik Palu Bina Siswa Madrasah Bermedia Sosial

Sebarkan artikel ini

 

Palu- Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Palu menjadi salah satu Narasumber pada kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs. Alkhairaat Pusat Palu Tahun Pelajaran 2024/2025. Bertempat di Aula MTs Alkhairaat Pusat Palu.Rabu(17/7/2024(.

Kepala Diskominfosantik Kota Palu yang diwakili Andi Chandra (Pranata Humas Ahli Muda) membawakan materi Literasi Digital yang bertajuk “Cerdas Bermedia Sosial di Era Keterbukaan Informasi Publik”.

Andi mengatakan literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti, alat komunikasi dan jaringan internet.
Selain itu katanya, berdasarkan data, rata-rata durasi penggunaan media sosial tiap tahunnya meningkat.

“Media sosial dapat dengan mudah merubah cara kita bersikap dan berpikir dan selain itu juga mempengaruhi perilaku individu dan mempengaruhi bagi kesehatan manusia,”ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa digitalisasi juga merujuk pada proses mengubah informasi dari bentuk analog menjadi format digital. Selain itu, digitalisasi memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan dan sumber daya melalui internet.

Tantangan literasi digitalisasi, saat ini adalah karena banyaknya arus informasi dan konten-konten negatif di media sosial, oleh karenanya kita perlu membuat “tameng” melalui kecakapan Literasi digital.

Ia juga menjelaskan dalam kampanye Literasi Digital ada 4 Pilar yakni Ketrampilan Digital, Budaya Digital, Etika Digital dan Keamanan Digital.

“Bagaimana kita mengetahui itu berita “HOAX” atau bukan, dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ini juga diperkenalkan apa itu misinformasi dan disinformasi dalam bentuk simulasi permainan.” Tambahnya.

Harapan Diskominfosantik Kota Palu bahwa dengan kecakapan literasi digital Para siswa- siswa dapat bermedia sosial dengan cerdas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang setiap saat bisa berubah kapan saja.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *